Ulasan Buku '40 Sabda Nabi 40 Ilustrasi'


 GHIRAHBELAJAR.COM - 40 Sabda Nabi 40 Ilustrasi by Hasan Aycin

Dalam khazanah keilmuan Islam, kitab mengenai 40 hadis begitu populer. Bahkan, hal itu menjadi tradisi di kalangan intelektual Islam pada masa dahulu. Salah satu yang amat populer adalah karangan Imam an-Nawawi yang terbit pada abad ke-7 Hijriyah, yakni kitab al-Arba'in an-Nawawiyah. Uniknya, pada ulama tersebut menyusun 40 hadis populer dengan ciri khas masing-masing.

Tradisi itu ternyata tak berhenti begitu saja. Kelahiran buku 40 Sabda Nabi 40 Ilustrasi merupakan buah dari inspirasi tradisi tersebut. Buku 40 Sabda Nabi 40 Ilustrasi ini secara garis besar merangkum hadis-hadis dalam beraneka tema yang dapat disimpulkan dalam dua hal, yakni dorongan meningkatkan kesalehan kepada Sang Khaliq dan anjuran untuk meningkatkan hubungan baik dengan sesama makhluk.

Buku 40 Sabda Nabi 40 Ilustrasi ini disusun dengan sangat apik. Di antaranya disajikan dalam tiga bahasa, yakni bahasa Arab, Inggris, dan Indonesia. Selain itu, buku ini juga makin dipercantik dengan adanya ilustrasi yang menggambarkan kandungan setiap hadis yang tercantum di dalamnya. 

Sebuah cara yang menarik dan unik, yang bisa membantu kita lebih mudah menangkap pesan dari sebuah hadis. Lebih dalam lagi, menghayati mutiara sabda Sang Nabi.

Buku kecil nan tipis berisi 40 hadis-hadis Rasulullah SAW ini merupakan terjemahan dari buku 40 Hadiths 40 Illustrations yang versi aslinya diterbitkan oleh penerbit EDAM Educational Consultant anda Research Center, Istanbul, Turki, tahun 2013. Kemudian versi Indonesia diterbitkan oleh Penerbit Zaman pada 2015. 

Dikemas dengan cukup ringkas, pemilihan hadis-hadis populer di dalamnya pun sangat menarik dan memudahkan buat pembaca yang kesulitan memahami sabda Nabi yang umumnya ditulis panjang lengkap dengan periwayatnya. Meski begitu, penyusunnya, Hasan Aycin, tetap mencantumkan sumber hadis secara lengkap di bagian halaman terakhir buku. Ini membuat kita lebih mudah bila ingin melihat siapa perawi dan bagaimana kekuatan hadisnya, apakah sahih ataukah dhaif.

Catatan untuk buku ini, meski dilengkapi ilustrasi yang sebenarnya menarik untuk medium menyampaikan pesan, akan tetapi bisa lebih maksimal dan menarik bila ilutrasi atau isi bukunya dibuat full colour. Selain itu, buku sebaik ini semestinya dilengkapi juga dengan profil penyusunnya. Hal itu sebagai penghargaan kepadanya yang telah bersusah payah menyusun dan membuatkan ilustrasi sehingga buku ini tersaji dengan demikian unik dan mudah dicerna.

Selebihnya, buku ini sangat membantu umat Muslim untuk memahami petunjuk bagi arah hidupnya lewat sabda-sabda Nabi. 

"Sesungguhnya sebaik-baik perkataan adalah Kitab Allah (Al-Quran) dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Nabi Muhammad (hadis)."


***

Identitas Buku

Judul: 40 Sabda Nabi 40 Ilustrasi
Penerbit: Zaman
Cetakan I: 2015
ISBN: 978 602 1687  451
Harga: Rp 20.000 (di Shopee)

***

Miliki Buku Terbaru Ahmad Soleh

Memutus Wabah Pilu Menyemai Benih Rindu (Diva Press, 2020)





Posting Komentar

0 Komentar