FKIP Uhamka Siapkan Kuliah Terintegrasi Multidisiplin-Transdisiplin


GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka menyelenggarakan kegiatan Bimtek Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Mata Kuliah Terintegrasi Multidisiplin dan Transdisiplin, Rabu (24/11). Kegiatan ini yang diselenggarakan secara daring ini merupakan realisasi dari renstra FKIP Uhamka.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan perancangan RPS yang telah diselenggarakan oleh FKIP Uhamka dengan melibatkan banyak praktisi di bidang pendidikan. “Dengan rangkaian kegiatan yang yang berlapis ini, mudah-mudahan hasil akhir dari kegiatan hari ini, dapat menghasilkan 48 RPS Terintegrasi Multidisiplin dan Transdisiplin,” ujar Wakil Dekan I FKIP Uhamka, Sri Astuti, dalam pengantar kegiatan yang dihadiri oleh 54 peserta dari 12 program studi FKIP Uhamka ini, Rabu (24/11).

Dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 disebutkan bahwa salah satu bentuk karakteristik pembelajaran merupakan pembelajaran tematik yang diraih dengan proses pembelajaran yang transdisiplin. Oleh karena itu, RPS terinstegrasi merupakan amanat pendidikan yang harus diwujudkan.

Namun, Dekan FKIP Uhamka Desvian Bandarsyah mengingatkan dalam sambutannya, “RPS hendaknya tidak berhenti sebagai portopolio seorang dosen, tetapi dapat diterapkan secara langsung sehingga kegiatan pembelajaran dapat menghasilkan lulusan yang mampu menjawab perkembangan zaman.”

Kegiatan ini menghadirkan Wakil Rektor 1 Uhamka Abdul Rahman Ghani yang membahas mengenai kebijakan integrasi transdisiplin dan multidisiplin ilmu di Uhamka. Selain materi tersebut, kegiatan ini juga diisi dengan materi penyusunan RPS mata kuliah terintegrasi transdisiplin dan multidisiplin ilmu oleh ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pengajaran Uhamka, Tri Wintolo Apoko.

Terselenggaranya kegiatan ini merupakan bentuk komitmen FKIP Uhamka dalam mencetak lulusan yang berkualitas.



Posting Komentar

0 Komentar