Dosen Uhamka Perkuat Literasi Digital Bahasa Arab di Banten


GHIRAHBELAJAR.COM, TANGERANG - Setiap dosen di perguruan tinggi di Indonesia memiliki kewajiban untuk melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran, melaksanakan penelitian, dan melaksanakan kegiatan pelayanan kepada masyarakat.

Sebagai salah satu dosen di perguruan tinggi Muhammadiyah, melayani masyarakat adalah sebuah keharusan dalam rangka memenuhi kewajiban itu pada 19 Desember 2021, dilaksanakan kegiatan “Pelatihan Literasi Digital dalam Membaca Bahasa Arab bagi Warga Desa Cukanggalih, Kec Curug, Kabupaten Tangerang, Banten”.

Kegiatan ini dapat terselenggara atas dukungan penuh dari Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Uhamka kepada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Uhamka.

Prodi Pendidikan Bahasa Arab FAI Uhamka merupakan program studi yang konsen terhadap pengembangan bahasa Arab, baik bagi mahasiswa maupun masyarakat luas. Sesuai dengan visi dan misinya, kegiatan pelayanan kepada masyarakat ini dirasa tepat sasaran karena kebutuhan masyarakat Desa Cukanggalih untuk dapat diajarkan bagaimana cara membaca bahasa Arab dalam membaca Alquran melalui gawai.

Kegiatan pelayanan masyarakat ini, diikuti oleh 10 peserta yang berasal dari perwakilan masing-masing kampung yang ada di Desa Cukanggalih. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara LPPM Uhamka dengan BPD (Badan Perwakilan Desa) Cukanggalih.

Kegiatan ini dilaksanakan secara luring (offline). Meskipun begitu, tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

Pada Ahad, 19 Desember 2021, acara dibuka dengan sambutan dari Wulan Hadi selaku kepala BPD Desa Cukanggalih sekaligus membuka acara secara resmi. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh dosen Uhamka, Ari Khairurrijal Fahmi, M.Pd dan Ahmad Rizki Nugrahawan, M.Pd.

Ari berharap kegiatan ini dapat memberi kebermanfaatan bagi segenap warga Desa Cukanggalih.

"Bagi mereka kegiatan ini sangat bermanfaat mengingat pentingnya mempelajari bahasa Arab di zaman digital seperti sekarang ini," ungkapnya, Ahad (19/12).

Posting Komentar

0 Komentar