Televisi Versus Medsos, Lebih Pilih Mana?


GHIRAHBELAJAR.COM, Oleh: Frida Alawiyah*

Masa sekarang atau bisa disebut sebagai zaman digital. Kemudahan dalam penyampaian pesan, informasi, sarana hiburan, edukasi, dan sebagainya sangatlah mudah untuk dijangkau. Tidak lupa dengan harga yang terbilang tidak begitu mahal. Media juga ikut berperan serta dalam penyebaran informasi. Seperti halnya televisi. Televisi menjadi media penyampai pesan sebelum kemunculan berbagai aplikasi sosial media layaknya sekarang.

Televisi ialah media elektronik berbentuk kotak dan dapat menampilkan secara audio visual disertai suara. Televisi sendiri memiliki sejarah dalam penemuannya. John Legie Baird, ilmuwan yang lahir di Skotlandia, adalah penemu televisi mekanik pertama kali. Farnsworth, sebagai ilmuwan berjasa terhadap pengembangan televisi elektronik. Televisi memiliki beragam bentuk dan perubahan dari awal pembuatan sampai sekarang.

Pada awalnya, berbentuk layaknya televisi mekanik hasil buatan Baird. Kemudian beralih ke televisi elektronik yakni buatan Farnsworth. Berdasarkan segi warna, semula berwarna hitam putih tanpa suara, lalu menjadi berwarna-warni dan memiliki suara. Adapun di zaman sekarang, bentuk televisi tabung berubah semakin tipis bahkan muncul Smart TV. Smart TV ialah televisi yang terhubung pada sistem operasi dan bisa menjalankan berbagai aplikasi melalui internet. Yang masih eksis ialah televisi tabung dan muncul model terbaru yaitu televisi LED .

Televisi memiliki berbagai fungsi. Fungsi media hiburan, pendidikan, informasi, dan persuasif. Selain itu, manfaatnya, dapat meredakan stres sebagai hiburan di waktu senggang dan bisa memainkan game atau menonton film maupun video lewat DVD. Seiring dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin pesat, banyak kegiatan yang dilakukan semakin mudah. Seperti menyampaikan informasi yang cepat dan efektif. Informasi apapun jika dilakukan dengan sigap akan memberi manfaat lebih bagi pengguna.

Media sosial ialah jejaring sosial yang memudahkan pengguna untuk berkomunikasi tanpa tatap muka, melalui gambar atau suara. Zaman sekarang, mayoritas masyarakat telah banyak yang menggunakan sosial media. Tidak hanya orang dewasa dan remaja, anak-anak pun ikut menjadi pengguna. Sosial media hadir dengan teknologi kian canggih apalagi bagi kalangan pengguna gadget. Adapun banyak masyarakat yang sering menggunakan jejaring ini.

Ragam sosial media memilih banyak fungsi. Seperti Whatsapp, yang berfungsi sebagai sarana komunikasi tanpa tatap muka atau tidak secara langsung. Selain Whatsapp, terdapat jenis media sosial yang tidak kalah populer. Bagi kalangan remaja, sosial media memiliki ketertarikan tersendiri. Tak jarang dalam setiap harinya sekitar lebih dari 8 jam remaja meluangkan waktunya untuk berselancar ke dunia media sosial.

Sebagian masyarakat mulai meninggalkan televisi dikarenakan berbagai penyebab. Salah satu penyebabnya ialah tayangan menjadi kurang menarik, membosankan, dan berkurangnya tayangan yang mendidik. Persaingan dengan sosial media yang memiliki hal tak kalah menarik. Meski begitu, televisi adalah media elektronik yang sudah lama dikenal oleh masyarakat terutama para orang tua dan lansia. Apalagi jika terdapat tayangan kesukaan, pasti akan setia menonton di depan layar. Orang tua akan berusaha meluangkan waktunya untuk menonton tayangan tersebut.

Itulah sebabnya, televisi masih menjadi media populer era sekarang ini. Terlebih sebagai pemberi informasi, televisi dan media sosial sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan. Media sosial lebih cepat, efektif dalam penyampaian informasi dan memiliki beragam gaya penyampaian. Akan tetapi, televisi biasanya meyakinkan informasi tersebut apakah terbukti kebenarannya atau tidak. Sedangkan dari segi hiburan, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan juga. Pada dasarnya hal itu disesuaikan sesuai pendapat dari para penonton yang tidak lain adalah masyarakat sendiri.

Media sosial merupakan media yang efektif dengan penyampaian yang atraktif. Namun, tidak semua orang memiliki alat eletronik seperti gadget untuk mengakses sosial media. Dan tidak semua orang bisa langsung memahami penggunaan telepon pintar dan pengaplikasiannya. Televisi merupakan media yang mudah dijangkau hampir semua orang serta banyak orang memilikinya. Masih menjadi media populer bagi masyarakat dan sejumlah iklan dari produk banyak yang berseliweran pada tiap tayangan. Alhasil, pengaruh televisi tetap ada di masyarakat.

*Penulis merupakan Mahasiswa IAIN Pekalongan Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

Posting Komentar

0 Komentar