Ahmad Soleh: Lelucon, Korekapi, dan Sepedamotor


GHIRAHBELAJAR.COM, Oleh: Ahmad Soleh*

Lelucon, Korekapi, dan Sepedamotor


"Kalau suatu waktu sepedamotormu tak mau nyala. Ambillah korekapi itu, nyalakan, lalu sundut keran bensin motormu. Dijamin akan menyala." Itu becandaan garing dari teman yang tak tahu tempat dan waktu.

Herannya kok dia lanjutkan. Begini kelanjutannya:

//Beberapa saat kemudian, akan datang kerumunan orang. Satu-dua orang akan berusaha membantumu. Kebanyakan dari mereka akan memfoto dan memvideokan aksi tolol dan konyolmu. Lalu diposting di media sosial dengan caption dan tagar.

"Orang bodoh sedang bakar motornya sendiri di pinggir jalan", "Stres kali ya, motornya ga nyala-nyala terus dibakar", "Kayak anak sultan aja bakar-bakar motor", dan sejuta komentar lainnya. Itulah warganet +62.

Setelah itu kau akan viral. Foto dan videomu akan diunggah di berbagai media, lambeturah, Depok24jam, Gojekindonesia, dll. Kamu akan dikenal banyak orang. Bahkan, bisa diundang stasiun TV kesayangan emak-emak pencinta Ikatan Cinta.

Beberapa influencer akan memburumu. Bisa jadi mereka memberimu sebuah sepedamotor baru, menukarnya dengan konten yang segera akan berbuah adsens. Sama-sama untung, memang, tapi mereka akan jauh lebih untung.

Selain itu, akan muncul suatu kaum yang akan memastikan latar belakangmu. Mereka akan menanyakan, apa kau Islam, Kristen, Hindu, Buddha, atau agnostik. Mereka juga akan memastikan kamu dari ormas, kelompok, partai, dan komunitas mana. Pokoknya, mereka ini akan memastikan bahwa orang tolol yang menyundut sepedamotornya sepertimu bukanlah golongan dari mereka. Habis itu mereka akan ber-statement aneh-aneh, menjelekkan kelompok berdasarkan latar belakangmu. Bersiap sajalah.

Lalu, kalau kau lapor ke kantor polisi, hati-hati pasal membuat keonaran dan meresahkan warga, bahkan jerat UU ITE, bisa membuatmu diganjar bui. Paling, kau akan diajak berdamai. "Damai saja," kata Pak Polisi.

Damai yang sungguh mahal untuk kaubayar, meski rongsok sepedamotormu kau-uangkan. Bersabarlah, kawan.//

Begitulah, lelucon garing temanku. Terlalu banyak nongkrong di beranda Instagram.

2022


*Biodata: Ahmad Soleh merupakan pengrajin puisi kelahiran Cirebon. Ia menulis puisi di berbagai media. Punya akun Instagram namanya @ahm_soleh. Ia juga bikin penerbit indie namanya Penerbit Irfani.

Posting Komentar

0 Komentar