Ketua Balkotfarm DKI Jakarta Berbagi Keseruan Urban Farming


 

GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA - Bidang Lingkungan Hidup PK IMM FKIP UHAMKA periode 2021-2022 Melaksanakan program IMMUFA (IMM For Urban Farming) secara luring yaitu pelatihan mengenai "Edukasi ber-urban farming sekaligus praktik menanam dengan menggunakan metode Hidroponik", Sabtu (9/4).

Narasumber yang diundang pada acara tersebut merupakan Penggiat Urban Farming Balkot Farm (Balaikota Farm) Provinsi DKI Jakarta yakni Latifah dan Norma Santi yang juga merupakan bagian dari kelompok tani binaan DKPKP.

"Adanya pelatihan ini saya harap bisa membuat mahasiswa lebih siap dalam mengelola Greenhouse IMM FKIP UHAMKA sehingga fungsinya teroptimalisasi dengan baik serta lebih bersemangat dalam melestarikan alam," ungkap Indah Mursyidah selaku ketua Bidang Lingkungan Hidup PK IMM FKIP UHAMKA, Sabtu (9/4).

Pada sesi pertama, Latifah selaku Ketua Balkotfarm DKI Jakarta membagikan cerita inspiratif selama merintis kebun hidroponiknya serta memberikan edukasi kiat-kiat ber-urban farming dengan berbagai macam media Hidroponik. Kemudian Ibu Norma memandu sesi simulasi penanaman hidroponik.

Baca Juga: Kepoin Sejarah Ilmu Pengetahuan Periode Yunani Kuno hingga Kontemporer

Sesi simulasi pun berjalan penuh antusias dari para peserta, mulai dari pengenalan alat-alat yang diperlukan, praktik menyemai benih hingga menanam bibit di media Hidroponik jenis wicks. Simulasi tersebut diakhiri dengan presentasi dari perwakilan tiap kelompok untuk menjelaskan ulang apa yang telah dipelajari

"IMMUFA seru banget! Acara ini selain mengedukasi tentang urban farming, juga memotivasi saya untuk mencoba menanam di rumah dan lebih peduli terhadap lingkungan," ucap Faiqa, salah satu peserta yang hadir di acara IMMUFA ini

Acara ditutup dengan pemberian kesan dan harapan dari peserta untuk Greenhouse IMM serta foto bersama. Adapun instalasi media Hidroponik yang akan dipasang di Greenhouse IMM akan diadakan sekitar bulan Mei 2022.

Posting Komentar

0 Komentar