Mengenal Zenly, Aplikasi Peta dengan Fitur Menarik


GHIRAHBELAJAR.COM, Oleh Nurulia Lutfi Hapsari

Di zaman yang serba modern ini, internet hampir menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang. Begitu pula dengan teknologi. Keberadaan internet dan teknologi memang memberikan kemudahan bagi setiap orang untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Maka, tidak heran jika kebutuhannya terus meningkat.

Hadirnya kecanggihan internet dan teknologi modern yang kini telah tersedia, pastinya memberikan banyak sekali keunggulan bagi pengguna. Bahkan, belakangan ini muncul sebuah aplikasi yang sedang diminati oleh para remaja, yaitu aplikasi yang diberi nama ‘Zenly’.

Aplikasi Zenly mulai mendapatkan popularitasnya karena memiliki berbagai fitur menarik yang dapat menampilkan lokasi real-time pengguna. Meskipun populer di kalangan remaja, aplikasi Zenly ini juga menimbulkan berbagai pertentangan karena dianggap berbahaya dan berpotensi dimanfaatkan oleh penjahat atau orang yang tidak bertanggung jawab untuk melacak lokasi pengguna demi melancarkan aksi kejahatannya. 

Maka dari itu, pengguna Zenly diharapkan untuk bisa berhati-hati dan tidak sembarangan dalam menerima undangan pertemanan dari orang yang tidak dikenal pada aplikasi tersebut. Jadi, pengguna harus pintar-pintar dalam memanfaatkan aplikasi Zenly dengan sebaik mungkin.

Zenly dibuat pada 2014 oleh Amplitude, pengembang asal Prancis. Namun, setelah tiga tahun, pihak Snapchat membelinya. Aplikasi Zenly ini cukup mudah untuk dioperasikan. Pengguna hanya perlu menyediakan gadget berbasis Android maupun IOS, kemudian mengunduh aplikasi Zenly melalui Google Play Store ataupun App Store.

Pengguna yang telah berhasil mengunduh aplikasi Zenly, kemudian diminta untuk mendaftarkan diri dengan memasukkan nomor ponsel, tanggal lahir dan email. Setelah memasukkan data yang diminta tersebut, kemudian aplikasi akan segera mengirimkan kode on-time password/OTP atau kode sandi melalui sebuah SMS ke nomor ponsel maupun email pengguna.

Pengguna juga dapat mengedit profil berupa nama, foto, dan ID pengguna setelah melewati seluruh tahap pengisian data yang diperlukan untuk pendaftaran. Untuk nama dan ID pengguna pada aplikasi Zenly tidak harus menggunakan nama asli.

Setelah berhasil mendaftar, kemudian akan muncul sejumlah perizinan aplikasi untuk dapat mengakses kontak dan GPS di ponsel pengguna. Jika beberapa orang di dalam kontak pengguna sudah menggunakan Zenly, pengguna bisa menambahkannya sebagai teman.

Apa Kegunaan Aplikasi Zenly?


Zenly adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk pencarian dan pemantauan lokasi teman yang dihadirkan secara real-time. Aplikasi Zenly ini secara umum dapat berguna untuk memantau lokasi dari teman-teman pengguna. Aplikasi ini juga berguna untuk dapat mengetahui aktivitas apa saja yang sedang dilakukan oleh setiap pengguna.

Apa Saja Fitur-Fitur Zenly?


Zenly menghadirkan beberapa fitur-fiturnya yang unik dan menarik untuk membuat pengguna merasa terhibur dengan adanya fitur yang disediakan. Beberapa fitur-fitur menariknya, antara lain:

1. Chatting

Pengguna dapat menggunakan fitur chatting Zenly untuk bertukar kabar atau menanyakan bagaimana kondisi teman saat dalam perjalanan mereka. Selain itu, pengguna juga dapat mengirimkan stiker/emoji, foto, dan pesan suara dengan fitur chatting ini.

2. Cek Baterai Ponsel Teman

Pengguna dapat melihat berapa persen baterai ponsel teman, ini adalah salah satu fitur Zenly yang unik dan menarik. Jadi, jika ponsel teman sedang low battery, kita bisa mengingatkan teman agar mengisi ulang daya baterai mereka.

3. Ketahui Lokasi Teman

Sering kali kita kepo dengan lokasi teman kita berada saat itu juga. Apakah sedang di rumah, kafe, sekolah, atau jalan-jalan ke tempat lainnya. Fitur pencarian atau pemantauan lokasi ini adalah fitur utama yang dihadirkan oleh Zenly. Pengguna dapat mengetahui dimana lokasi temannya berada dan mendapatkan petunjuk arah ke lokasi tersebut.

4. Tampilan Peta

Zenly juga menawarkan beberapa tampilan petanya agar pengguna tidak bosan dengan tampilan peta yang hanya itu-itu saja. Jadi pengguna dapat mengatur tampilan petanya sesuai dengan yang diinginkan. Zenly menawarkan tiga tampilan peta sesuai dengan kebutuhan penggunanya, yaitu tampilan peta simpel (Zenly), peta standar, dan peta satelit.

5. Menambah Teman

Salah satu keunggulan dari fitur ini, kita bisa menambahkan teman hanya dengan menggunakan nomor ponsel, kontak ponsel, atau ID pengguna. Bahkan, kita juga bisa menambahkan atau mengundang teman dengan cara membagikan sebuah link Zenly melalui chat WhatsApp dan Telegram. Selain itu bisa juga dengan cara klik 'add' pada profil pengguna Zenly yang direkomendasikan oleh aplikasi itu sendiri agar pengguna yang lainnya dapat berteman dengan kita.

6. Mode Hantu (Ghost Mode)

Mode ini berguna untuk pengguna yang lokasinya tidak ingin dilacak atau diketahui oleh teman-temannya. Karena mungkin ada beberapa pengguna yang merasa tidak nyaman serta terganggu oleh teman-temannya yang selalu memantau keadaan dan lokasi pengguna tersebut. Dengan adanya fitur ini, pengguna juga dapat memilih orang-orang tertentu atau siapa saja yang akan dimasukkan dalam list mode hantu ‘ghost mode’. Zenly menawarkan 3 ghost mode, yaitu precise location (lokasi tepat), blurred location (lokasi kabur), dan frozen location (lokasi dibekukan).

7. Ketahui Teman yang Sudah Tidur

Fitur Zenly yang satu ini sangat menarik sekali bagi para pengguna karena pengguna bisa mengetahui apakah teman-teman mereka sudah tidur atau masih aktif bermain ponsel hanya dengan melihat profil Zenly mereka.

Jadi gimana guys, sudah tahu kan beberapa fitur-fitur dan cara mendaftar aplikasi Zenly? Tertarik untuk download aplikasnya?

Posting Komentar

0 Komentar