Nulis Berita Itu Gampang, Download Templatenya di Sini


GHIRAHBELAJAR.COM, Menulis berita merupakan salah satu aktivitas pokok dalam jurnalistik. Pemberitaan yang berasal dari liputan secara langsung, wawancara, atau observasi di lapangan perlu ditunjang dengan kemampuan menulis berita yang baik.

Di antara hal pokok yang penting untuk dimiliki oleh seorang jurnalis atau reporter ialah memahami dan mampu menerapkan unsur 5W+1H dalam pemberitaannya. 5W+1H adalah rumus fakta paling mendasar, yakni what, where, who, when, why, dan how (apa, di mana, siapa, kapan, kenapa, dan bagaimana).

Nah, di era informasi saat ini, menulis berita bukan hanya bagi jurnalis, sebab setiap orang saat ini dapat menjadi jurnalis alias citizen journalist. Ya, bagaimana caranya menjadi citizen journalist yang baik? Kita harus memahami etika pemberitaan dan mampu menerapkan unsur pemberitaan sesuai standar jurnalistik yang sudah disebutkan di atas. 

Dengan begitu, bila suatu ketika ingin memberitakan kegiatan atau peristiwa yang terjadi di sekitar kita dapat dengan mudah dilakukan. Kamu juga dapat melihat berita-berita yang ada di media, baik koran ataupun media daring untuk lebih mudah menulisnya. 

Yang penting, berita yang kita tulis itu bersifat apa adanya, tidak direkayasa atau bermuatan hoaks, adu domba, dan ujaran kebencian. Jadikanlah pemberitaan sebagai ajang untuk berbagi kebaikan, pengetahuan, dan inspirasi kepada khalayak, bukan sebaliknya.

Untuk memudahkan menerapkan penulisan berita berunsur 5W+1H, kamu dapat menggunakan template berita. Khususnya untuk menulis berita lempang atau straight news. Straight news ialah berita langsung yang disajikan secara padat, jelas, dan singkat (to the point). 

Berikut template berita yang dapat kamu unduh:

DOWNLOAD TEMPLATE BERITA, KLIK DI SINI

Silakan unduh dan isi kolom-kolom yang tersedia dengan informasi yang bisa kamu gali dan dapatkan di lapangan. Untuk melengkapi data-data yang dibutuhkan, kamu bisa melakukan observasi, peninjauan, atau wawancara dengan narasumber yang terkait dengan kejadian atau kegiatan tersebut. Selamat mencoba!

Baca Juga: 

Unsur-Unsur Berita dan Struktur Piramida Terbalik

Posting Komentar

0 Komentar