Semakin Tinggi Ilmu, Semakin Beradab


 

GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA - Kajian Intelektual PK IMM FKIP Uhamka yang keempat dilakukan melalui media zoom meeting berjalan dengan lancar. Kajian ini dilaksanakan oleh Bidang Riset Pengembangan Keilmuan PK IMM FKIP Uhamka, Selasa (21/6). Bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai hakikat dan konsep perkembangan ilmu pengetahuan dalam islam.

Dibuka dengan perkenalan dari Ahmad Ruslan M.Pd, selaku pemateri. Ia mengatakan bahwa Ilmu berasal dari bahasa arab yang artinya adalah pengetahuan. Pengetahuan ialah aktivitas sistematis yang membangun dan mengatur pengetahuan dalam bentuk penjelasan dan prediksi tentang alam semesta. Kemudian, berdasarkan dari Oxford Dictionary ilmu didefinisikan sebagai aktifitas intelektual dan praktis yang meliputi studi sistematis tentang struktur dan perilaku dari dunia fisik dan alam melalui pengamatan dan percobaan.

"Sedangkan dalam Islam, ilmu pengetahuan berlandasan dari al- Qur’an dan Sunnah, serta bersumber dari alam fisik dan alam metafisik yang diperoleh melalui indra, akal, dan hati atau intuitif. Cerminan orang berilmu itu beradab, kemudian orang yang beradap pasti berilmu. Semakin tingginya ilmu dan banyaknya ilmu, maka akan menuju kepada kemuliaan. Selanjutnya, semakin banyak kita belajar, membaca, mencari wawasan, semakin kita sadar bahwa selama ini kita hanyalah makhluk kecil yang tidak tahu apa-apa," ujarnya.

Ruslan menjelaskan tentang pentingnya niat dalam mencari ilmu yaitu dengan cara belajar untuk mencari Ridha-Nya Allah SWT, mencapai kebahagiaan akhirat, memeranggi kebodohan, Mengembangkan dan melanggengkan Islam.

Kegiatan ini pun diakhiri dengan penyerahan sertifikat yang dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Dukungan dari berbagai pihak turut membantu kelancaran kegiatan ini. Dengan banyaknya peserta yang hadir menunjukan bahwa adanya keingintahuan dalam mengulik ilmu yang belum diketahui ataupun upaya dalam memperdalam ilmu yang sudah dimiliki. (Intan Puspita Sari)



Posting Komentar

0 Komentar