Buat Perahu Naga Cisadane, Siswa SMA PGRI 109 Tangerang Raih Juara II di FLS2N


 

GHIRAHBELAJAR.COM, TANGERANG – Seorang siswa SMA PGRI 109 Tangerang bernama Putri Andini berhasil meraih juara II kategori seni kriya dalam FLS2N tingkat Provinsi Banten. Siswa kelas XI IPS 4 tersebut membuat seni kriya bertajuk Perahu Naga Cisadane.

“Inilah karya seni kriya yang saya buat, berjudul Perahu Naga Cisadane yang berbahan dasar dari hardboard,” ungkap Putri kepada awak media, Kamis (28/7). Dia menjelaskan, disebut perahu naga karena bagian depan perahu dihiasi motif kepala naga dan bagian belakang dihiasi motif ekor naga.

Dia juga menjelaskan, bentuk ini juga memiliki desain filosofis. Yakni, di Kota Tangerang terdapat multietnis, salah satunya adalah masyarakat Tionghoa atau lebih dikenal dengan sebutan Cina Benteng. “Di sini saya menonjolkan warna merah karena merupakan simbol kebahagiaan di masyarakat Tionghoa dan warna emas yang berarti keagungan. Lukisan pada bawah perahu naga juga mengibaratkan air Sungai Cisadane yang bergelombang,” ungkap Putri menceritakan karya seninya.

FLS2N tingkat Provinsi Banteng digelar pada 26-27 Juli di Hotel Marbella Anyer. Dalam mempersiapkan mengikuti lomba, Putri dibimbing oleh dua guru, yakni Halimi dan Julia Pratiwi.

Halimi dan Putri sedang memegang karya Perahu Naga Cisadane dan trofi juara. (Dok. Halimi)

 

Halimi yang mendampingi Putri selama kegiatan menjelaskan, dirinya mempersiapan siswa mengikuti lomba dimulai dari tingkat seleksi kota, kemudian mendapat juara I. “Lalu sekolah kami mewakili Kota Tangerang, persiapan ke tingkat provinsi kurang lebih satu minggu, dari pematangan konsep, pembuatan desain, pemilihan bahan, pengerjaan dan proses pembuatan video pengerjaan hingga akhir,” ujar guru lulusan ISI Solo tersebut.

Halimi juga mengatakan, SMA PGRI 109 Tangerang baru tahun ini memenangkan FLS2N tingkat Provinsi Banten di kategori seni kriya. “Prestasi ini menjadi kebanggan buat sekolah. Semoga dapat ditingkatkan lagi di ajang berikutnya. Pesan saya kepada para siswa, selagi masih muda teruslah berkarya dan mengukir prestasi. Prestasi itu baik untuk diri sendiri, orang tua, maupun sekolah,” ungkapnya, Kamis (28/7).

Atas keberhasilan ini, wakil kepala bidang kesiswaan SMA PGRI 109 Tangerang, Supriyadi SPd, merasa senang dan terharu. “Yang pasti seneng, bahagia dan terharu. Karena siswi kami berhasil masuk sebagai juara II di FLS2N tingkat Provinsi Banten,” ungkapnya.

“Selamat untuk Putri Andini sudah mempersembahkan yang terbaik untuk sekolah kita SMA PGRI 109 Tangerang dan untuk Kota Tangerang serta selamat untuk Pak Halimi dan Bu Julia yang sudah membimbing Putri dari awal sampai akhirnya memperoleh hasil yang maksimal,” katanya melanjutkan.

Posting Komentar

0 Komentar