Menulis dan Kemampuan Berpikir Kritis



GHIRAHBELAJAR.COM, Oleh Aisyah Nur Syifa

Mahasiswa berasal dari kata dari “maha” dan “siswa”, yang memiliki makna bahwa seorang mahasiswa dikatakan lebih tinggi dari seorang pelajar. Dengan kata lain, mahasiswa memiliki suatu kesempatan yang lebih luas yang perlu dimanfaatkan untuk memperoleh ilmu serta pengalaman. Hal tersebut menjadikan seorang mahasiswa yang diharapkan dapat memberikan contoh atau menjadi pelopor suatu perubahan, karena itu mahasiswa disebut sebagai agent of change, yang dimana mahasiswa dapat membawa suatu perubahan.

Sebagai agent of change, mahasiswa sering dikatakan harus mampu dalam berpikir kritis. Kemampuan dalam berpikir kritis ini sangat penting bagi seorang mahasiswa dikarenakan kemampuan ini mampu menunjang kepribadian seorang mahasiswa itu sendiri. Namun, beberapa mahasiswa pada saat ini masih kurang mampu untuk dapat berpikir kritis dalam mengkritisi sesuatu yang dirasa berat, pengambilan keputusan serta hal lainnya. Maka dari itu, mahasiswa perlu meningkatkan kembali kemampuan berpikir kritis tersebut.

Berpikir kritis juga mengharuskan mahasiswa untuk berpikir secara terbuka, kemudian ketika seorang mahasiswa sudah berpikir kritis maka ia akan mencari informasi sebanyak mungkin untuk menemukan cara yang paling rasional yang akan digunakan sebelum membuat keputusan dan melakukannya. Mahasiswa yang memiliki kemampuan dalam berpikir kritis namun terhambat oleh beberapa hal, salah satunya seperti tidak percaya diri ketika menyampaikan langsung dengan lisan, sehingga kemampuan tersebut tidak terlihat dan tidak dapat dimaksimalkan.

Menurut Jordan Peterson, seorang psikolog, salah satu cara untuk berpikir kritis yaitu dengan cara menulis. Ketika seorang mahasiswa menulis, ia akan melatih kemampuan otak yang dimiliki untuk berpikir secara sistematis, walaupun terkadang di benak para mahasiswa permasalah itu terlalu sulit. Namun, ketika seorang mahasiswa tersebut menulis maka semua akan lebih bisa ia perlahan untuk dipilah kembali suatu informasi yang didapat dan setiap kalimat yang dituliskan diharapkan harus mudah dipahami oleh pembaca karena hal itu merupakan suatu bagian terpenting dalam kepenulisan.

Selain itu, menulis juga dapat mendorong seorang mahasiswa untuk memiliki kemampuan berpikir menggunakan logika dibandingkan berpikir dengan emosional dan perasaan. Berpikir kritis ini juga merupakan salah satu bentuk kemampuan untuk berpikir secara rasional dalam menghadapai sebuah masalah.

Melatih Berpikir Kritis

Menulis menjadi salah satu cara untuk melatih serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Ketika sedang menulis, seseorang dituntut untuk memiliki penalaran yang cukup baik sehingga ia dapat memikirkan topik apa yang akan digunakan pada saat menulis, sehingga dapat menghasilkan sebuah tulisan yang baik. Dengan demikian, dapat kita lihat bahwasannya ketika menulis sangat diperlukan dalam berpikir kritis saat memberikan sebuah penjelasan dalam mengidentifikasi serta menganalisis suatu masalah yang menjadi topik dalam tulisannya.

Pembuatan esai dalam lomba juga menjadi salah satu langkah yang dapat diambil seorang mahasiswa untuk melatih kepenulisan serta kemampuan berpikir kritis. Dengan hal tersebut, perlombaan dapat menjadi sebuah wadah dalam menuangkan pemikiran kritis dari seorang mahasiswa.

Cara lain yang dapat dilakukan seorang mahasiswa untuk melatih pemikiran kritis mereka. Yang pasti mahasiswa sudah tidak asing lagi mendengar artikel ilmiah, dengan menulis sebuah artikel ilmiah tersebut menjadi salah satu cara selain menulis essay. yang dapat dilakukan seorang mahasiswa untuk menambah atau meningkatkan kemampuan berpikir kritis tersebut. Cara tersebut juga dapat diaplikasikan untuk tugas mata kuliah yang diambil.

Beberapa cara di atas dapat dilakukan atau dicoba bagi para mahasiswa, tidak hanya menulis biasa akan tetapi mahasiswa juga diharapkan tidak lupa untuk memikirkan kembali topik-topik apa yang perlu mereka angkat, identifikasi masalah serta mempertimbangkan kembali hasil yang telah ia tulis. Memahami tulisan dan mencari sumber berita atau jurnal yang terpercaya serta memiliki fakta yang benar pada tulisan yang dibuat juga sangat penting agar kita dapat mempertanggungjawabkan apa yang sudah ditulis. Selain menulis dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berpikir kritis, tetapi mahasiswa juga dapat menyampaikan sebuah pendapatnya dengan tulisan tersebut.

Mahasiswa Harus Kritis

Dengan beberapa hal di atas yang sudah dijelaskan, sangat jelas bahwasannya mahasiswa harus memiliki kemampuan dalam berpikir kritis melalui metode menulis yang sudah dipaparkan. Bukan hanya meningkatkan skill dalam berpikir kritis tetapi akan meningkatkan juga kemampuan dalam menulis. Maka dari itu, kemampuan berpikir kritis dan kemampuan dalam menulis ini sangat dibutuhkan dan penting bagi seorang mahasiswa untuk menunjang daya pikir serta kemampuan dalam dirinya.

Mahasiswa disebut juga sebagai agent of change, mahasiswa dapat meningkatkan atau melatih diri untuk senantiasa melakukan hal apapun dengan berpikir secara kritis agar dapat mengetahui suatu isu atau permasalahan yang sedang terjadi di dalam suatu kelompok atau masyarakat. Karena dengan berpikir kritis juga seorang mahasiswa dapat memberikan suatu ke bermanfaat untuk dirinya sendiri dan juga untuk orang lain.

*Mahasiswi Bimbingan Konseling FKIP Uhamka

Posting Komentar

0 Komentar