Pelatihan Desain Canva untuk Remaja Kampung Tengah


GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA – Dosen Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UHAMKA, Ahmad Ruslan, bersama Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah FKIP UHAMKA melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kampung Tengah, Kramat Jati Jakarta Timur. Kegiatan ini diawali dengan pengenalan dan pelatihan penggunaan aplikasi Canva pada 15 Juli 2022, dengan peserta para pengajar/tutor LSO IMM FKIP UHAMKA Bidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat yang bernama UCFOS.

Sehari berikutnya di tanggal 16 Juli 2022, berkenaan dengan perpisahan para pengajar dengan siswa-siswa dan remaja yang berjumlah lebih dari 35 anak di kampung tengah Kramat Jati Jakarta Timur, praktik penggunaan aplikasi canva dilaksanakan. Bersamaan dengan itu momen ekspresi kesan dan pesan anak-anak dan remaja disana kepada para pengajar UCFOS melalui desain aplikasi Canva.

Penggunaan aplikasi canva ini memberikan nuansa baru yang bercorak berkemajuan pada momen-momen perpisahan dalam proses pembelajaran yang biasa dilaksanakan setiap hari Sabtu sore pada setiap minggunya. Ahmad Ruslan mengatakan bahwa aplikasi canva ini hadir sebagai solusi bagi para desainer baru atau bagi para pemula yang ingin belajar desain. karena penggunaan aplikasi canva ini cukup mudah di dalamnya terdapat berbagai macam alat-alat desain yang lebih variatif dan mudah digunakan. itulah yang menjadi alasan mengapa aplikasi canva ini menjadi media dalam proses pembelajaran di kampung binaan IMM FKIP UHAMKA.

Anak-anak dan remaja di sana terlihat sangat antusias karena bukan hanya sekedar menyampaikan ekspresi, mereka juga melihat ada nilai keindahan ataupun kreativitas yang menjadi wadah ungkapan terima kasih mereka kepada para Kakak tutor dan para pengajar. 

Begitu pun dengan para pengajar UCFOS sangat mengapresiasi betul hal tersebut, karena melalui aplikasi kanva ini ucapan dan ungkapan terimakasih dari anak-anak ajarnya dapat diekspresikan dalam bentuk yang berbeda salah satunya dalam bentuk desain yang kreatif dan bernuansa berkemajuan. Bukan hanya para pendidik dan peserta didik warga setempat juga salah satunya tokoh masyarakat Pak Hasan juga mengapresiasi betul terhadap kegiatan ini, karena bagaimanapun anak-anak khususnya di kampung tengah memiliki kesempatan yang sama memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan dan metode-metode pengajaran yang bernuansa kekinian dan dan memiliki nilai-nilai partisipatif yang kuat.

Hal itu dapat meningkatkan semangat anak-anak dan remaja dan lebih dari itu itu anak-anak dan remaja Disana pun akan memiliki bekal keterampilan khususnya penggunaan aplikasi Canva yang nantinya akan digunakan dalam proses belajar mereka baik di sekolah formal maupun dilingkungan nonformal. Bahkan dalam proses pengembangan mereka akan menjadi designe-designer muda yang terampil, sekurang-kurangnya mereka mempunyai kemampuan membuat poster, Flayer, sertifikat, proposal, dan media desain lainnya anak-anak dan remaja di sana akan sangat terbantu. (Rus)

 

 

Posting Komentar

0 Komentar