Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru SD


GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA - Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah proses dan kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional guru yang dilaksanakan berjenjang, bertahap, dan berkesinambungan dalam rangka meningkatkan manajemen dan mutu pendidikan. Pengembangan keprofesian berkelanjutan guru adalah kegiatan yang mengarah pada seluruh pembelajaran formal dan informal yang mampu meningkatkan guru melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

Guru merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Hal ini disampaikan Dr. Sintha Wahjusaputri, MM dalam kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) mengenai “Pelatihan Dan Pendampingan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SD Islam Muhammadiyah 28 Jakarta” yang dilaksanakan secara tatap muka, Rabu (6/7/2022).

Tujuan kegiatan berinisiatif mengadakan pelatihan dan pendampingan program pengembangan keprofesian berkelanjutan sebagai upaya membangun kesadaran profesionalisme guru terutama untuk guru SD Islam di lingkungan Perguruan Muhammadiyah Jakarta.

Menurut Dr. Sintha Wahjusaputri, MM, kegiatan pelatihan dan pendampingan program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi guru SD Islam Muhammadiyah 28 Jakarta khususnya, maka dipilih beberapa metode pendekatan, yaitu 1) Kegiatan sosialisasi, pemaparan dasar hukum dan kegiatan-kegiatan yang terdapat dalam program PKB yang dilakukan di SD Islam Muhammadiyah 28 Jakarta; 2) Pelatihan dan pendampingan, pemaparan teori melalui metode diskusi mengenai pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif; 3) Refleksi, tindak lanjut hasil sosialisasi dan pelatihan.

Posting Komentar

0 Komentar