Akses Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan Edisi V di Sini


GHIRAHBELAJAR.COM - Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD) adalah pedoman resmi yang dipergunakan bagi instansi pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar.

Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan—atau yang lebih dikenal dengan singkatan EYD—edisi kelima ini merupakan pemutakhiran dari pedoman ejaan sebelumnya, yaitu Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) yang ditetapkan oleh Keputusan Kepala Badan No. 0321/I/BS.00.00/2021.

Dalam EYD ini terdapat penambahan kaidah baru dan perubahan kaidah lama yang disesuaikan dengan perkembangan bahasa Indonesia. Penambahan dan perubahan itu menandakan keterbukaan bahasa Indonesia terhadap perkembangan. Untuk menjamin kemudahan akses dan keluasan jangkauan, EYD edisi kelima ini juga diterbitkan dalam bentuk aplikasi web.

Dalam kata pengantarnya, Kepala Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Prof E Aminudin Aziz Ph.D mengatakan, pihaknya berharap penerbitan EYD ini dapat menjawab kebutuhan pengguna bahasa akan pedoman kebahasaan yang mutakhir dan akomodatif. "Pedoman ini juga diharapkan menjadi sumbangsih lembaga ini dalam mewujudkan tertib berbahasa Indonesia sehingga bahasa Indonesia dapat menjadi bahasa modern yang berwibawa dan layak menjadi bahasa pergaulan antarbangsa," katanya.

Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan Edisi V dapat diakses melalui laman berikut: ejaan.kemdikbud.go.id atau klik EYD EDISI V.

Posting Komentar

0 Komentar