Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris


 
GHIRAHBELAJAR.COM, Oleh Marselyna Shofia Dea Kurniawati, Mahasiswa D3 Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Gimana sih bisa belajar bahasa Inggris pake cara yang gampang? Teman-teman masih bingung bagaimana cara yang mudah untuk memulai belajar bahasa Inggris? Tidak perlu belajar ke luar negeri?

Tenang, kali ini saya akan memaparkan beberapa cara mudah dalam mempelajari bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari. Namun, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu asal-usul dari bahasa Inggris.

Bahasa Inggris merupakan bahasa Jermanik yang berasal dari Abad Pertengahan Awal dan pertama kali dituturkan di Inggris. Saat ini, bahasa Inggris merupakan bahasa dengan penutur terbanyak di seluruh dunia.

Dengan kemajuan zaman, bahasa Inggris mengalami perkembangan yang pesat, masyarakat di seluruh dunia berlomba-lomba untuk mampu menguasai bahasa ini. Kebutuhan di banyak bidang kehidupan yang memerlukan orang yang pintar berbahasa Inggris juga salah satu alasannya.

Berikut ini akan saya sampaikan bagaimana cara mudah belajar bahasa Inggris.

1. Bacalah Media Cetak yang Menggunakan Inggris

Dengan membaca media cetak, yaitu surat kabar, majalah, buletin, dan buku yang berbahasa Inggris secara tidak sengaja akan melatih dan membiasakan mata kita untuk melihat tulisan-tulisan berbahasa Inggris. Dan pastinya otak kita juga akan merekam dan mengingat setiap kata dalam media cetak tersebut yang kita baca.

2. Catatlah Kosakata Baru dan Sulit

Usahakan untuk mencatat setiap kosakata yang baru dan sulit yang belum pernah kita temui serta kita belum mengetahui artinya. Kemudian kita bisa bertanya ke orang yang pintar berbahasa Inggris atau menerjemahkannya dengan aplikasi terjemahan untuk mencari tahu artinya.

Jangan lupa juga untuk menulis arti dari kosakata baru tersebut di buku catatan.

3. Menonton Tayangan TV atau Film Berbahasa Inggris

Cobalah untuk sering menonton film yang berbahasa Inggris, apalagi yang terjemahannya tidak tersedia. Menonton film berbahasa Inggris tanpa terjemahan akan melatih diri kita untuk mengartikan sendiri kata-katanya dan membiasakan dalam mendengar percakapan berbahasa Inggris.

4. Praktik Bicara Bahasa Inggris

Beranilah untuk mencoba mempraktikkan bahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari oleh siapa saja. Jangan panik dan takut untuk melakukan kesalahan dalam berbicara bahasa Inggris. Kita bisa mencobanya juga dengan orang-orang dari luar negeri yang mungkin ditemui di sekitar kita.

5. Berteman dengan Orang dari Luar Negeri

Hubungan pertemanan dengan orang dari luar negeri juga sangat menguntungkan, karena pastinya teman luar negeri kita mencoba mengobrol dengan bahasa Inggris. Kita bisa meminta izin untuk diajarkan bahasa Inggris yang baik dan benar serta sewaktu-waktu bisa bertanya tentang kosakata atau aturan yang sulit dalam bahasa Inggris.

6. Cobalah untuk Menulis dengan Bahasa Inggris

Mencoba melatih diri kita untuk menulis kosakata berbahasa Inggris bisa membiasakan kita agar mengetahui bagaimana tulisan bahasa Inggris yang benar dan sesuai aturan, seperti simple tense, past tense, future tense, continuous tense, dan lainnya.

7. Cobalah Mengikuti Kelas atau Kursus Bahasa Inggris

Kita bisa mengikuti kelas atau kursus belajar bahasa Inggris untuk membantu kemampuan bahasa Inggris dengan dibimbing oleh tenaga pengajar yang sudah berkompeten dan berpengalaman. Jika suatu saat kita menemukan kesulitan dalam belajar bahasa Inggris, kita bisa langsung bertanya kepada tenaga pengajar kursusnya. Kita juga harus cerdas dalam memilih kelas atau kursus bahasa Inggris yang terpercaya dan tidak memerlukan biaya yang terlalu mahal untuk mengikutinya.

8. Sering Membaca dan Mempelajari Kamus Bahasa Inggris

Kita juga harus sering mempelajari kamus bahasa Inggris supaya kita bisa mengenal kata-kata bahasa Inggris yang baru dan menghafalkannya sedikit demi sedikit dengan tujuan agar saat kita menemukan kata berbahasa Inggris yang belum pernah kita temui di buku atau TV, kita tidak perlu membuka kamus dan kita bisa langsung mengetahui artinya. Kita juga bisa menambahkan kosakata baru yang kita temukan ke dalam kamus apabila kosakata di dalam kamus kurang lengkap. Jangan lupa juga untuk sering membawa kamus di mana saja kita pergi mengingat peran kamus yang sangat besar bagi kita yang sedang belajar bahasa Inggris.

Dengan beberapa cara mudah dalam belajar bahasa Inggris yang telah saya sampaikan, diharapkan teman-teman bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan benar.

Belajar bahasa Inggris diperlukan usaha yang keras dan sungguh-sungguh agar mampu menguasainya, karena mengingat bahasa Inggris bukanlah bahasa Indonesia yang setiap hari kita gunakan dan pastinya merupakan bahasa nasional kita. Yang perlu diingat adalah janganlah ragu dan takut untuk mencoba berbicara dalam bahasa Inggris karena manfaatnya juga sangat banyak, terutama pada zaman sekarang ini. Pengaruh globalisasi di seluruh dunia sangat membawa dampak yang kuat terhadap bidang-bidang kehidupan di dunia.

Jadi, kuasai bahasa Inggris supaya kita juga bisa ikut andil dalam perkembangan dunia. (ed: ahmad soleh)

 

Posting Komentar

0 Komentar