Kena Art Block? Ini Cara Mengatasinya



GHIRAHBELAJAR.COM – Oleh Az Zahra Athaya Rabbani, Mahasiswa D3 Perpustakaan Universitas Sebelas Maret

Art block merupakan hal yang paling dihindari oleh para seniman profesional ataupun orang biasa yang hobi melukis atau karya seni lainnya. Sebab, hal tersebut adalah kondisi yang membuat seniman tidak dapat mengeksplorasi ide untuk membuat karya seni merasa stuck dan tidak dapat mengembangkan kreativitasnya untuk karya baru.

Art block dapat terjadi selama satu dua hari, bagi saya yang hobi melukis, terkadang juga merasakan art block tersebut yang bisa terjadi berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan. Terlalu lama berada dalam kondisi art block tentu bukan hal yang baik apalagi bagi seniman yang membutuhkan pekerjaan yang produktif dan terus berkarya.

Penyebab paling umum dari art block adalah kelelahan fisik dan mental. Stress menjadi hambatan utama bagi para seniman dalam berkarya karena dapat menurunkan semangat dalam berkarya. Kira-kira apa yang harus dilakukan untuk mengatasi art block? Berikut cara mengatasi art block:

1. Istirahat

Ini adalah salah satu cara terbaik menghilangkan art block. Memaksakan melakukan suatu hal pada saat art block akan mengakibatkan hasil yang tidak memuaskan karena otak kita merasa jenuh sehingga kita butuh membersihkan atau mengistirahatkan pikiranmu sejenak dari segala tuntutan ide kreatif tersebut. Jauhkan sementara fokus kita dari tuntutan ide kreatifmu. Setelah merasa lebih tenang dan rileks, kita bisa kembali melanjutkan segala pekerjaanmu.

2. Mencari inspirasi

Masalah utama dari art block biasanya berasal dari tidak menemukan inspirasi. Inspirasi dapat ditemukan dari alam, buku, musik, dokumenter, dari aplikasi pinterest ataupun seniman lainnya. Inspirasi dapat ditemukan dimana saja. Dengan menambah inspirasi dapat memberikan sedikit bayangan baru tentang ide yang mau dibuat dengan hasil yang diinginkan. Selain itu juga memberikan inovasi baru untuk sketsa karya yang baru.

3. Tinggalkan media sosial

Meninggalkan dunia maya sejenak tentu tidak ada salahnya. Matikan dulu handphonemu sebentar saja 2 atau 3 jam. Pergi menikmati udara segar di luar rumah, jalan-jalan, membaca buku ataupun menikmati kegiatan lain di luar rumah, lupakan sejenak pekerjaan dan mencari kembali ide-ide kreatif.

4. Bebaskan pikiran

Salah satu cara membebaskan pikiran adalah berolahraga seperti jogging, bersepeda, meditasi, yoga, atau hanya menikmati udara segar di taman, kegiatan ini dilakukan 10 menit sampai berjam-jam. Selain itu, kegiatan tersebut dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres dan membantu menumbuhkan pikiran yang fresh.

5. Mencoba hal baru

Mencoba hal baru dapat dilakukan ketika kita bosan dengan teknik karya seni yang diciptakan. Cara ini juga saya gunakan ketika art block. Cobalah menggunakan perlengkapan seni yang belum pernah digunakan. Contohnya, jika seorang pelukis menggunakan acrylic dan belum pernah menggunakan cat air, maka ia dapat melatih keterampilan cat airnya. Dan jika terbiasa menggunakan media kanvas, seniman dapat juga mencoba menggunakan media kertas watercolor. Beranilah bereksperimen dengan media perlengkapan yang belum pernah dicoba dengan gaya lukis yang baru.

6. Mencoba suasana baru

Kejenuhan juga dapat mempengaruhi art block. Kita juga perlu keluar dari studio atau ruang kerja untuk menghilangkan ke jenuhan. Kita dapat meluangkan waktu melukis di tempat terbuka contohya pergi ke alam dengan pemandangan yang indah, museum, pantai, taman, gunung, datang ke pameran seni atau lainnya.

7. Keluar dari zona nyaman

Jika bosan dengan gaya atau objek lukisan yang itu-itu saja dan berulang-ulang. Misalnya yang terbiasa melukis pemandangan dataran tinggi dan ingin mencoba mengganti gaya lukisannya dengan melukis laut atau pantai, jangan sampai kamu merasa bosan dengan objek yang itu terus-terusan. Cobalah mengganti objek tersebut dengan membuat karakter baru dan keluar dari zona nyaman keluar dari rasa kebosanan dan tetap bisa produktif berkarya.

8. Bertukar cerita dengan sahabat

Dengan bertukar cerita atau sekedar berbincang-bincang dengan sahabat pastilah dapat mengurangi ke jenuhan dalam bekerja, kita akan merasa nyaman dan rileks. Dan jangan ragu minta tolong kepada sahabat untuk menyumbangkan ide kreatifitasnya dengan begitu kita tidak perlu bekerja keras mencari ide. Karena inspirasi bisa datang darimana saja bukan.

9. Membuat karya dengan spontan

Sesekali, buatlah karya secara spontan yang tidak terstruktur sebelumnya tanpa direncanakan. Karena itulah satu-satunya ide murni yang kita punya, buatlah tanpa konsep dan biarkan mengalir langsung begitu saja dan tuangkan saat itu juga tanpa mencari ide-ide lain yang belum ada karena lama-lama ide dan inspirasi akan muncul dengan sendirinya.

10. Tidak harus sempurna

Menginginkan karya senimu sempurna merupakan hal yang wajar dan tentu saja bagus, Karena kita berkewajiban memberikan yang terbaik pada karya kita. Tetapi hal ini dapat mengakibatkan perasaan tertekan, bingung, apakah ide ini sudah cukup atau kurang sempurna dan karya kita bisa saja tak kunjung selesai karena merasa selalu karyanya kurang sempurna. Karya bukan hanya soal hasil tapi soal prosesnya juga, dengan karya yang tidak sempurna kita bisa memperbaikinya dikarya selanjutnya dan jangan menyerah.

Nah, itu dia penjelasan singkat tentang cara mengatasi artblock. Tidak perlu takut kekurangan ide, karena sangat banyak sekali cara mendapatkan kembali ide-ide jika kamu berusaha. Kita bisa mencoba cara-cara yang di atas atau bisa mencoba cara lain yang menurut kita cocok.

Posting Komentar

0 Komentar