Asah Profesionalitas Mahasiswa, PGSD Uhamka Laksanakan PLP2 di SDN Susukan 06 Pagi

GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA – Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (PGSD Uhamka) telah menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 2 di SDN Susukan 06 Pagi pada 10 Oktober-12 Desember 2022. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kontribusi dalam mengatasi permasalahan di SDN Susukan 06 Pagi.

Tempat pelaksanaan PLP 2 pada tahun ini ditentukan oleh pihak kampus. Kegiatan PLP 2 dibimbing oleh dosen pembimbing masing-masing kelompok. Kelompok 51 terdiri atas mahasiswa PGSD, yaitu ketua kelompok Ananda Kurnia Cipta dan anggota, yakni Marisa Ana Tiara, Melani Badri Trihapsari, Hopipah Parwati, dan Rifka Raesita Lois. Kelompok ini dibimbing oleh dosen pembimbing, Drs. Khairil M.Pd.

Kegiatan yang dilaksanakan di RT 8/RW 5, Susukan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, ini terlaksana berkat adanya MoU (nota kesepahaman) antara pihak kampus dan sekolah. “Kami dapat melakukan kegiatan PLP dan melakukan observasi lapangan tanpa adanya hambatan apa pun, dan berusaha menjaga imun agar tetap sehat,” ujar Ananda Kurnia dalam rilis yang diterima Ghirah Belajar, Kamis (15/12).



Dia menjelaskan, pelaksanaannya PLP 2 ini mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan yang meliputi kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kerja, visi misi sekolah, dan ekstrakurikuler sekolah. Hal tersebut, ujar dia, memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada mahasiswa untuk menjadi pendidik yang profesional bagi pendidikan di Indonesia.

“Sasaran PLP 2 adalah mahasiswa semester VII FKIP Uhamka yang memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap serta tingkah laku yang diperlukan sebagai guru professional dalam bidangnya,” kata dia.

Dalam siaran pers kepada media dijelaskan, program Pengenalan Lapangan Persekolah 2 (PLP 2) merupakan salah satu program mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan di semester VII. Terselenggaranya program PLP 2 ini diharapkan para mahasiswa akan siap menjadi pendidik pemula yang profesional.

Tujuan setelah mengikuti kegiatan PLP 2, mahasiswa diharapkan dapat memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi yang disertai dengan kemampuan berpikir kritis.

 

Posting Komentar

0 Komentar