Pemred Indonesia24jam: Menulis di Media Itu Gampang


GHIRAHBELAJAR.COM, Depok - Menembus meja redaksi media massa nasional merupakan salah satu cita-cita seorang penulis. Untuk bisa lolos seleksi dan akhirnya tulisan tayang, penulis membutuhkan pengetahuan lebih dalam soal media yang ia tuju. Hal inilah yang dibahas dalam Wapinar Kepenulisan Nasional yang digelar Penerbit Irfani, Sabtu (10/12).

Kegiatan diskusi via grup WhatsApp ini menghadirkan Pemred Indonesia24jam.com Andi Maulana dalam pembahasan tersebut. Andi mengatakan bahwa setiap media massa memiliki ruang khusus untuk publik menerbitkan gagasannya. "Hampir semua media cetak maupun online menyediakan rubrik khusus tulisan dari masyarakat, seperti halnya rubrik opini, suara warga, suara rakyat, dan masih banyak lagi," ungkapnya, Sabtu (10/20).

Menurut Andi, adanya ruang tersebut berfungsi untuk menyerap gagasan publik dan beradu argumen, bukan untuk menyebarkan kebencian, menyindir lawan, dan sebagainya.

Tips Mengirim Tulisan


Tak kalah penting ialah pembahasan mengenai cara mengirim tulisan ke media. Andi yang juga aktivis Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) ini menjelaskan, beberapa media menerima naskah melalui email atau surat elektronik. Namun, ada juga yang menyediakan kemudahan dengan akun pribadi yang bisa digunakan langsung mengunggah tulisan di web. "Kita juga bisa langsung mengontak tim redaksi, dengan tutur bahasa yang sopan dan baik," ujarnya.

Namun, ada hal yang penting diperhatikan saat hendak mengirim tulisan. Andi menjelaskan, media massa online seperti Indonesia24jam.com biasanya menerima tulisan dengan syarat tertentu. "Ditulis dengan ringkas, minimal 2 halaman, bahasanya harus jelas, sesuai KBBI, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, dan tidak banyak typo (kesalahan tik)," ungkapnya.

Selain itu, menjawab tentang kesulitan yang dialami penulis ketika mengirimkan tulisan ke media, Andi mengungkapkan, menerbitkan tulisan itu sebenarnya mudah. "Yang sulit itu jika kita tidak mau mencari tahu syarat dan teknik dari media yang akan kita tuju dan selalu mengevaluasi setiap catatan yang diberikan oleh tim redaksi media tersebut," ujar dia.

Posting Komentar

0 Komentar