Dosen Uhamka Tingkatkan Kepedulian Lingkungan Lewat Permainan Edukatif

 


GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA – Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka melalui pengabdian dosen telah melaksanakan Pelatihan Penanaman Karakter Peduli Lingkungan bagi siswa-siswi di SDN Dukuh 05 Pagi Jakarta Timur. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan secara luring atau tatap muka pada Senin, 12 Desember 2022. Kegiatan pelatihan ini diketuai oleh Sri Lestari Handayani, M.Pd yang merupakan dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Uhamka. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penanaman karakter peduli lingkungan melalui permaianan edukatif agar siswa dapat semakin peduli terhadap lingkungannya.

“Penting untuk dapat mengintegrasikan pendidikan karakter bagi siswa sejak dini, dapat dimulai dari jenjang Sekolah Dasar. Siswa yang memiliki karakter peduli lingkungan dipercaya dapat memberi kontribusi nyata yang memiliki dampak positif pada lingkungan di sekitarnya untuk semakin peka dan menjaga lingkungan di masa depan. Hal ini dapat diintegrasikan dalam kegiatan melalui permainan yang menyenangkan dan menggembirakan namun memiliki nilai-nilai peduli yang tersampaikan dengan baik,” ujar Sri Lestari Handayani.

Sri Lestari Handayani juga menambahkan bahwa pembangunan karakter bangsa melalui peduli lingkungan sekolah menjadi dasar bagi siswa sekolah dasar untuk memiliki karakter peduli lingkungan. Cara ampuh yang dapat dilakuakn dengan melakukan permainan – permainan yang mengedukasi terkait hal tersebut. Kegiatan permainan yang dilakukan meliputi 3 jenis permainan yaitu tapak gunung, ular tangga dan harta karun. Pelatihan ini adalah kolaborasi antara dosen PGSD FKIP Uhamka dengan tujuh mahasiswa yang terlibat secara aktif selama pelaksanaan pengabdian masyarakat. Peserta kegiatan ini melibatkan seluruh siswa di SDN Dukuh 05 Pagi Jakarta Timur dari kelas I sampai VI.

Tiga permainan yang dilakukan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu permainan kesatu (Tapak Gunung) diterapkan pada siswa kelas I dan II, permainan kedua (ular tangga) dimainkan oleh siswa-siswa kelas III dan IV, serta permainan ketiga (harta karun) diikuti oleh siswa-siswi kelas V dan VI. Pelatihan penanaman karakter peduli lingkungan melalui permainan edukatif ini berjalan dengan lancar dan siswa-siswa SDN Dukuh 05 Pagi terlibat aktif selama permainan berlangsung. Setelah permainan selesai dilaksanakan, dosen dan mahasiswa memberikan penguatan terhadap hasil permainan yang dilakukan serta memberi paparan materi terkait peduli lingkungan.

Posting Komentar

0 Komentar