Tim Pengabdian FK Uhamka Dorong Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Sekolah


GHIRAHBELAJAR.COM, TANGERANG – Fakultas Kedokteran UHAMKA melalui tim pengabdian masyarakat yang diketuai oleh dr. Ira Wahyuni, MKK, MMRS mengadakan kegiatan sosialisasi dan edukasi mengenai Pencegahan Covid Subvarian Omicron XBB di Kalangan SMK Muhammadiyah 02 Kota Tangerang, Sabtu (11/2).

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kondisi tatanan baru dalam dunia pendidikan selama masa pandemi, sehingga diperlukan pengendalian baru dalam penerapan kesehatan kerja, termasuk di sekolah.

Menurut dr. Ira, program keselamatan dan kesehatan kerja di sekolah selama masa pandemi Covid-19 adalah salah satu faktor penting untuk perlindungan siswa, guru, staf serta para petugas pelaksana dalam terjadinya pembelajaran tatap muka di sekolah dalam rangka mencegah penularan virus Covid-19 terutama subvarian omicron XBB yang menuntut semua sektor menerapkan aturan New Normal atau adaptasi kebiasaan baru di sekolah sebagai tempat kerja dengan program keselamatan dan kesehatan kerja.

“Sosialisasi dan edukasi ini bertujuan memberikan pemahaman mengenai kesehatan kerja sebagai langkah proteksi penyebaran Covid-19 khususnya subvarian XBB di lingkungan sekolah sehingga pemberlakuan pembelajaran tatap muka dapat berlangsung secara efektif dan aman dari aspek kesehatan dan keselamatan selama pembelajaran berlangsung di SMK 02 Kota Tangerang,” ungkapnya kepada GhirahBelajar, Rabu (15/2).

Tim Pengabdian FK Uhamka Dorong Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Sekolah

 

Kegiatan ini dibuka oleh pejabat struktural yang mewakili kepala sekolah, yakni H. Agus Solihin, M.M.Pd. Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 30 guru dengan perincian 29 peserta adalah guru dan 1 peserta lainnya adalah petugas pelaksana di SMK Muhammadiyah 02 Kota Tangerang.

Acara dilanjutkan dengan mengisi pre-test untuk mengetahui pengetahuan awal para peserta sebelum dilakukan sosialisasi dan edukasi oleh tim pengabdian masyarakat FK UHAMKA. Penyampaian materi oleh narasumber, yaitu dr. Ira W, MKK MMRS dan dr. Dian A, SpP dan bertindak sebagai moderator adalah dr. Erlina P, MKM.

Selanjutnya pada akhir materi dilakukan simulasi enam langkah mencuci tangan berdasarkan WHO untuk menjaga kebersihan dan menghindari penularan, peragaan dilakukan oleh 2 mahasiswi FK UHAMKA, yaitu Britania dan Putri Iftinan.

Saat sesi dialog interaktif peserta berpartisipasi dengan antusias dalam berdiskusi mengenai kondisi pembelajaran selama masa pandemi. Pada akhir acara, dilakukan post test untuk mengetahui serapan informasi peserta dan pemberian hadiah bagi peserta dengan pertanyaan paling berdampak pada keseharian di sekolah serta selisih nilai tertinggi dari pre/post-test.

Posting Komentar

0 Komentar