Implementasi Assessment Digital dengan Aplikasi Quizizz


GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA - Dalam rangka mewujudkan Catur Dharma Perguruan Tinggi, LPPM Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka (Uhamka) menyelenggarakan Workshop Aplikasi Quizizz, Selasa (7/3). Kegiatan ini merupakan kerja sama Prodi Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) Sekolah Pascasarjana Uhamka dengan SD Pelita Hati yang bertempat di ruang laboratorium komputer SD Pelita hati Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Kegiatan ini dihadiri Dr. Ernawati, M.Pd. sebagai ketua Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan SPS Uhamka dan melibatkan Dr. Shinta Wahjusaputri, M.M. dan Firmansyah, S.Pd. mahasiswa Prodi PEP SPS Uhamka.

Aplikasi Quizizz merupakan salah satu aplikasi Digital Assessment yang bisa digunakan oleh guru untuk menilai hasil belajar siswanya. Aplikasi ini mudah menggunakannya dan menarik bagi siswa. Firmansyah, S.Pd. sebagai salah satu narasumber pada pelatihan tersebut mengatakan, di era teknologi saat ini, siswa sudah akrab dengan berbagai perangkat digital.


"Mereka lebih tertarik dengan pembelajaran yang canggih dan menggunakan sentuhan teknologi seperti menggunakan perangkat komputer, laptop maupun handphone Android. Dalam kehidupan sehari-hari siswa terbiasa bermain game dan juga mengakses media sosial yang kadang terkait dengan materi pembelajarannya di kelas. Ketertarikan siswa dengan perangkat teknologi komputer bisa dimanfaatkan guru sebagai usaha dalam peningkatan kualitas pembelajaran di kelas,” ujarnya.


Dia menjelaskan, guru dapat menerapkan aplikasi-aplikasi di komputer yang menarik bagi siswa dan mendukung pembelajaran yang dikembangkannya.

Aplikasi Quizizz merupakan aplikasi yang sangat menarik karena aplikasi ini mendukung munculnya teks, gambar, suara, maupun video dalam satu wadah. Hal ini dapat memudahkan siswa dalam belajar karena karakter siswa SD yang tahap berpikirnya masih faktual di mana pembelajarannya memerlukan sesuatu yang nyata sebagai media untuk dapat difahami.


 
“Aplikasi ini juga mudah dibuat, sehingga guru dapat menyusun pembelajaran dengan mudah. Pembelajaran dengan aplikasi Quizizz diharapkan menjadi pembelajaran yang mengaktifkan siswa sehingga dapat tercipta suatu pembelajaran yang efektif dan bermakna,” kata dia menjelaskan.

Beberapa peserta pelatihan memberi komentar menarik terkait pelatihan ini. Seperti yang disampaikan Windy, salah seorang guru SD Pelita hati yang menjadi peserta pelatihan. Windy mengatakan, kegiatan pelatihan ini menyenangkan dan menambah ilmu baru, sehingga dapat diaplikasikan ke peserta didik.


 
Dia juga berharap kegiatan ini berlangsung lebih detail lagi dengan durasi waktu yang cukup, karena namanya pelatihan masih banyak sekali hal yang perlu digali. “Semoga saja bukan hanya diperkenalkan aplikasi Quiziz saja, tapi juga aplikasi lain yang belum kami diketahui. Terima kasih Uhamka atas kerja samanya,” kata Windy.



Posting Komentar

0 Komentar