KKN Dik Kembangkan Wawasan Mahasiswa Sebagai Calon Pendidik


GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (Uhamka) telah melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-Dik). KKN Dik ini diikuti oleh 219 mahasiswa.

Ketiga tujuan yaitu Malang, Bali, dan Yogyakarta dilaksanakan selama 11 hari yaitu tanggal 22 Februari sampai dengan 4 Maret 2023. Kegiatan KKN-Dik bertujuan untuk melatih dan menjadikan mahasiswa lulusan uhamka yang unggul dengan mengembangkan pengetahuan juga wawasan sebagai calon pendidik melalui program kerja yang dilaksanakan dalam KKN-Dik.

Kepala Prodi PGSD FKIP Uhamka sekaligus dosen pembimbing lapangan dalam kegiatan KKN Dik ini, Ika Yatri, M.Pd, mengatakan bahwa mahasiswa diharapkan dapat berperan langsung dalam pengembangan kompetensi dengan memberikan metode pengalaman belajar dan bekerja dalam konteks pemberdayaan masyarakat. "KKN sendiri menjadi program yang secara efektif menambah daya kritis dan pengalaman bagi mahasiswa dalam bentuk yang nyata serta berdampak bagi masyarakat,” jelasnya.


 
Dengan demikian, kata dia, berbagai program akan diformulasikan oleh mahasiswa yang terkumpul di dalam satu kelompok, dalam hal tersebut mahasiswa mempunyai pengalaman bekerja yang berharga. “Melalui keterlibatan dalam masyarakat yang secara langsung menemukan, merumuskan, memecahkan dan menanggulangi masalah pembangunan secara pragmatis dan interdisipliner.” ujar Ika Yatri, M.Pd.

Dia melanjutkan, pelaksanaan KKN-Dik menjadi tantangan tersendiri bagi para mahasiswa untuk dapat memberikan pengalaman belajar yang berharga melalui keterlibatan secara langsung di masyarakat untuk menemukan, merumuskan, mempelajari, mengenal potensi masyarakat, mengorganisasi masyarakat, memecahkan, menanggulangi dan mencari solusi permasalahan secara rasional dalam menumbuhkan motivasi untuk memanfaatkan potensi.

Untuk itu, mahasiswa KKN-Dik PGSD FKIP Uhamka kelompok 8 selalu berusaha untuk mengembangkan pemikiran berdasarkan ilmu pengetahuan dalam upaya menumbuhkan empati dan kepedulian mahasiswa kepada permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.




Kelompok 8 KKn Dik PGSD FKIP Uhamka terdiri atas Ananda Kurnia Cipta, Nabilah Ananda Putri, Alfiah Aulia Putri, Afifah Handiar, Shofi Amalia Dwi Nastiti, Maria Indriastuti, Rahma Aulia Azzahra, Aulia Syafa'ah, Novi indriani, Salsabila Jannah, Nuril Millah Karimah, Azrina Permata Kuncono, dan Ervandra Oktarianto. Pelaksanaan KKN-Dik kelompok 8 yaitu di Desa Madiredo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kegiatan KKN-Dik ini disambut hangat oleh kepala desa dan masyarakat setempat. Para mahasiswa KKN Dik dari FKIP Uhamka menyusun program kerja yang akan dilaksanakan di masyarakat dan sekolah, tepatnya di MIS Raden Patah, di antaranya membuat pojok baca, mading, visiting class, dan gotong royong membersihkan perpustakaan sekolah.





 

Posting Komentar

0 Komentar