Cari Inspirasi Buat Nulis? Lakukan 5 Hal Ini!


 
GHIRAHBELAJAR.COM – Oleh: Ahmad Soleh

Saat mau menulis terkadang kita mentok, merasa nggak ada ide, dan nggak tahu apa yang mesti dituangkan. Hal ini pasti sangat menyebalkan karena bakal membuat hari-hari kita tidak produktif. Berjam-jam bisa dihabiskan untuk memandangi layar laptop saja. Maka dari itu, kita membutuhkan inspirasi.

Kondisi seperi penulis ungkapkan di awal paragraf sebetulnya menjadi penegasan bahwa menulis itu bukan pekerjaan yang mudah. Di saat-saat mujur mungkin kita bisa menyelesaikan satu tulisan hanya dengan sekali duduk. Namun, momen semacam itu jarang terjadi, apalagi bagi yang baru mulai belajar menulis dan belum terbiasa dengan kegiatan menulis.

Bagaimana Cara Mendapatkan Inspirasi?

Inspirasi bisa didapatkan di mana saja. Kata Sapardi Djoko Damono, inspirasi itu bisa datang dari berbagai penjuru, tidak kenal waktu. Bisa saat di pesawat, di jalan, di toilet, rumah, atau di manapun. Nah, saat inspirasi itu datang, kita jangan menunda untuk mencatatnya. Bila pun tidak bisa menulis secara utuh, minimal kita ikat inspirasi itu dalam catatan sehingga tidak lupa.

Ya, lupa adalah salah satu hambatan besar. Maka, menulis dan mencatat menjadi langkah yang tepat buat menghindari kelupaan. Kembali ke inspirasi tadi, yang sudah kita catat itu kemudian bisa kita kembangkan menjadi tulisan utuh, bisa di saat yang sama, bisa juga di waktu yang berbeda. Yang penting kita sudah mengondisikan diri kita lebih dulu.

Lima Cara Mencari Inspirasi

Selain inspirasi yang datang tiba-tiba, yang entah kapan akan terjadi pada kita, kita bisa mencari inspriasi itu. Banyak juga penulis yang berpandangan bahwa inspirasi itu dikejar, dicari. Jadi, nggak ada salahnya dong, bila kamu mau mencari inspriasi. Nah, penulis dalam kesempatan ini berbagi lima cara mencari inspirasi supaya nggak mentok saat menulis.

Berikut lima cara mencari inspirasi itu, silakan disimak ya!

1. Baca Buku

Baca buku adalah salah satu kegiatan utama bagi para penulis. Penulis harus menyediakan waktunya untuk membaca buku. Buku apa pun, bergantung kebutuhan setiap orang. Baca buku dapat melatih otak kita untuk mencerna informasi dengan baik. Dengan begitu, membaca buku juga bisa menjadi ajang bagi kita untuk mencari inspirasi. Mudahnya, setiap poin yang kita baca dan dirasa menarik, bisa diangkat kembali dalam tulisan kita.

2. Nonton Film

Kalau memang membaca buku malah bikin kamu tambah njelimet, kamu bisa juga nih cari inspirasi dengan menonton film. Terutama buat kamu yang suka menulis cerita atau kajian-kajian sosial budaya. Film merupakan medium informasi yang menarik karena ada sajian visual dan alur cerita. Nah, inspirasi dari film bisa sangat banyak lho. Kita bisa menulis beberapa tulisan dari film yang sudah kita tonton.

3. Jalan-Jalan

Buat yang suka jalan-jalan, jangan lewatkan kesempatan ini buat dapatkan inspirasi ya. Di jalan itu banyak sekali objek dan fenomena yang menarik buat diangkat dalam tulisan. Jalan-jalan ke manapun yang kita sukai kemudian tangkap inspriasi di luar sana. Jangan lupa catat setiap momen yang dirasa berharga untuk dilewatkan ya!

4. Ngobrol

Tak bisa disangkal lagi, ngobrol adalah mode standar dari interaksi manusia. Dengan mengobrol kita dapat bertukar informasi. Nah, dalam obrolan biasanya akan ada diskusi dan berbagai sudut pandang. Hal itu bisa juga memperkaya kita yang lagi butuh inspirasi. Siapa tahu apa yang diungkapkan oleh lawan bicara kita merupakan sesuatu yang penting dan juga banyak dirasakan oleh orang lain.

5. Merenung

Merenung bak filsuf. Begitulah seharusnya penulis. Kita tidak hanya mencoba menuangkan ide, tetapi dapat merenungkannya lebih dalam sehingga tulisan yang kita hasilkan bisa lebih ngena dan diterima oleh pembaca. Merenung memang identik dengan menyendiri. Tetapi sebetulnya tidak harus menyendiri, saat kita membaca buku, mengobrol, menonton film pun bisa merenungkan apa yang tengah kita tangkap.

Nah, dengan menggunakan salah satu kelima cara di atas kita bisa mendapatkan inspirasi untuk menulis. Selamat mencoba, semoga makin produktif dalam menulis!

Posting Komentar

0 Komentar