Kembangkan Potensi, Mahasiswa FKIP Uhamka Laksanakan PLP 2 di SDN Ciracas 10


GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA - Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) menyelenggarakan kegiatan pengenalan lapangan persekolahan 2 (PLP 2), kegiatan PLP 2 merupakan satu tahapan dalam proses penyiapan guru professional pada jenjang program sarjana pendidikan. Kegiatan PLP 2 ini merupakan ajang atau tempat untuk mahasiswa dapat mengeksplorasi, mempelajari karakteristik siswa dan dapat terjun secara langsung untuk berinteraksi dengan siswa dan perangkat sekolah, serta disertai tindakan reflektif di bawah bimbingan dan pengawasan dosen pembimbing dan guru pamong secara berjenjang.

Tujuan PLP 2 adalah mengenalkan kepada mahasiswa untuk terjun langsung dalam kegiatan di sekolah, mulai dari kegiatan perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Kegiatan ini mengintegrasikan pengalaman belajar yang diperoleh mahasiswa dengan belajar praktis di lapangan.

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka kelompok 23 dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang melaksanakan kegiatan PLP 2 dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan yaitu Bapak Diki Rukmana, M.Pd, Kepala Sekolah SDN Ciracas 10 Bapak Darmadi, S.Pd dan Guru Pamong Ibu Dra. Titin Suhartini dengan diketuai oleh Restu Cahaya Aini beserta teman-teman anggota kelompok yang terdiri dari: Putri Aulia sebagai Bendahara 1, Aprilia Nur Anggraeni sebagai Editor 1, Azmi Hanifatuffida sebagai Sekretaris 1, Tria Ratrisya sebagai Bendahara 2, Irna Kurniawati sebagai Editor 2 dan Regy Triawarman sebagai Sekretaris 2 yang memimpin program PLP 2.


 

SDN Ciracas 10 beralamat di Jl. Raya Ciracas Rt 007/003, Kel. Ciracas, Kec. Ciracas, Kota. Administrasi Jakarta Timur. Provinsi DKI Jakarta. SDN Ciracas 10 menjadi tempat mengabdi, tempat menimba ilmu serta pengalaman selama kegiatan PLP 2 berlangsung. Kegiatan PLP 2 ini dilaksanakan pada tanggal 02 Oktober hingga 04 Desember 2023.

Dengan berlandaskan UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 40 Ayat 2, pada intinya pendidik bukan hanya dapat menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, namun harus mampu meningkatkan mutu pendidikan serta memberikan teladan yang baik.

PLP 2 menjadi tahapan lanjutan dari PLP 1 yang telah terlaksana pada semester 5 yang lalu. PLP 2 ini dilaksanakan oleh mahasiswa semester 7 sebagai bagian dari Program Sarjana Pendidikan. Adanya pendidik seperti yang tertera pada UU RI No. 20 Tahun 2003 tersebut.

Aktivitas utama dari kegiatan PLP 2 ini adalah praktik mengajar di dalam kelas yang terdiri dari praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri. Praktik mengajar terbimbing dilaksanakan sesuai jadwal tertulis yang telah ditentukan oleh guru pamong dan dosen pembimbing lapangan (DPL). Dalam praktek mengajar terbimbing, guru pamong dan DPL memberikan bimbingan tahap demi tahap mulai proses konsultasi, perancangan RPP, pengembangan Media Pembelajaran, pengembangan bahan ajar dan perangkat evaluasi, hingga pelaksanaan praktik mengajar. Masing-masing mahasiswa melaksanakan 8 kali praktik mengajar terbimbing.

Adapun dalam praktik mengajar mandiri mahasiswa melakukan praktik mengajar secara spontanitas untuk menggantikan guru kelas yang berhalangan hadir. Praktik mengajar mandiri ini ditujukan untuk melihat kesigapan mahasiswa untuk dapat melaksanakan proses pembelajaran sebaik mungkin dengan persiapan yang terbatas namun tetap memberikan hasil yang maksimal

Selain praktik mengajar, mahasiswa juga dilibatkan dalam berbagai kegiatan sekolah seperti, pendataan administrasi siswa, pembiasaan senam bersama, menjadi Pembina pramuka, menjadi petugas upacara, perkemahan Jum`at Sabtu (PerJuSa), peringatan Maulid Nabi serta peringatan hari guru.

Diakhir kegiatan PLP 2 mahasiswa mengikui ujian praktik mengajar. Ujian praktik mengajar ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat sejauh mana peningkatan yang telah dicapai oleh mahasiswa terutama yang berkaitan dengan keterampilan mengajar. Ujian PLP 2 di SDN Ciracas 10 dilaksanakan mulai tanggal 22 November 2023 sesuai jadwal yang telah ditentukan bagi masing-masing mahasiswa. Mahasiswa melakukan Ujian PLP 2 dengan melaksankan praktik mengajar tatap muka langsung didalam kelas dengan disaksikan dan dinilai langsung oleh guru pamong dan DPL.

Setelah melakukan PLP 2 yang berlangsung selama 2 bulan, Kami Kelompok 23 izin berpamitan kepada Kepala Sekolah, guru-guru dan siswa-siswi serta menyampaikan ucapan terimakasih kepada kepala sekolah yang sudah menerima dan memberikan kesempatan kepada kami untuk melaksanakan kegiatan PLP 2 di SDN Ciracas 10. 

Kegiatan PLP 2 ini memberikan banyak pelajaran berharga bagi mahasiswa calon guru dimana untuk dapat menjadi seorang guru yang selain harus mengikuti perkembangan zaman juga harus dapat menjadi sahabat yang baik serta dapat mencontohkan teladan yang baik. Guru akan selalu dibutuhkan pada setiap peradaban.

Posting Komentar

0 Komentar