SMA Muhammadiyah 4 Depok Budayakan Riset Bagi Siswa


GHIRAHBELAJAR.COM, DEPOK - SMA Muhammadiyah 4 Depok menggelar sidang Karya Tulis Ilmiah (KTI) untuk siswa kelas XI. Acara yang digelar selama dua hari, pada 12-13 Desember 2023, ini merupakan hasil dari empat bulan kolaborasi siswa dalam kelompok untuk menciptakan KTI. Projek ini juga merupakan program literasi yang terintegrasi dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Sebanyak 28 judul Karya Tulis Ilmiah akan menjadi fokus dalam sidang ini, yang akan dinilai oleh 13 guru yang ahli dalam bidangnya masing-masing. Di antaranya ada yang berjudul "Analisis Dampak Overload Sampah di TPA Cipayung Depok terhadap Kesehatan Masyarakat Sekitar" dan "Analisis Dampak El Niño terhadap Curah Hujan di Kota Depok".

Program ini merupakan langkah penting dalam pengembangan kreativitas dan keterampilan siswa dalam mengeksplorasi ilmu pengetahuan melalui penelitian-penelitian yang mereka rancang dan lakukan.

“Program penulisan Karya Tulis Ilmiah di SMA Muhammadiyah 4 Depok telah berlangsung sejak lima tahun yang lalu, sebagai syarat kenaikan kelas 11 dan untuk menumbuhkan semangat meneliti dan menulis bagi peserta didik,” demikian yang disampaikan oleh Faruliana Sari, S.Pd. wakil Kurikulum SMAM 4 Depok, Kamis (14/12).

Siswa dan para guru telah menunggu dengan antusias untuk berbagi hasil jerih payah mereka dalam proses pembelajaran yang melibatkan pemikiran kritis, riset, dan penerapan konsep bahasa Indonesia dalam ranah ilmiah. Kegiatan ini menjadi tonggak penting dalam menanamkan semangat literasi di kalangan siswa.

"Saya dapat lebih tahu tentang cara penyusunan KTI dan lebih paham tentang el niño," kata Fara Azelia, siswi kelas XI IPS.

Posting Komentar

0 Komentar