Workshop Asesmen Kecerdasan Emosional, Tingkatkan Kompetensi Profesional Guru TK Aisyiyah Pandeglang

GHIRAHBELAJAR.COM, PANDEGLANG - Majelis PAUD, Dasar, dan Menengah PD Aisyiyah Pandeglang bersama IGABA Kabupaten Pandeglang antusias mengirimkan 44 orang guru TK/PAUD untuk mengikuti “Workshop Asesmen Peningkatan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini untuk Guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal Pandeglang”, yang dilaksanakan Jumat, 24 Mei 2024, di Kompleks Sekolah Muhammadiyah Kecamatan Menes, Pandeglang.

Kegiatan workshop tersebut sebagai bentuk kerja sama PDA Pandeglang dan Program Studi Bimbingan Konseling Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) bersama LPPM Uhamka dalam rangka pelaksanaan catur darma perguruan tinggi Muhammadiyah.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari pertemuan rutin yang dilakukan dua kali setahun,” demikian penjelasan Su’aebah, Ketua IGABA Kabupaten Pandeglang.

Fujianti selaku Sekretaris Majelis PAUD, Dasar, dan Menengah PDA Pandeglang juga menyampaikan “Semua guru TK Aisyiyah Pandeglang sangat membutuhkan ilmu dan pengetahuan, selain ilmu pengelolaan organisasi Aisyiyah juga ilmu-ilmu yang berkaitan dengan PAUD Dasar Menengah, semua ilmu itu untuk meningkatkan kualitas guru-guru Aisyiyah berkemajuan,” ujarnya.

Dalam workshop tersebut, peserta belajar bersama secara berkelompok untuk membuat asesmen sederhana kecerdasan emosional dan merancang indikator-indikator dalam melakukan observasi emosional anak selama di dalam kelas. Kegiatan ini dipandu oleh Chandra Dewi, M.Pd, Kons yang merupakan narasumber dari Program Studi Bimbingan Konseling Uhamka.

“Asesmen yang dibuat sebagai bahan observasi untuk membantu guru dalam mencegah, dan mengatasi hal-hal negatif yang muncul dari anak selama proses pembelajaran,” ujar Chandra Dewi di sela-sela kegiatan workshop.

Ketua IGABA Kabupaten Pandeglang sekaligus peserta guru TK Aisyiyah, Su’aebah, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih karena dapat menambah ilmu dan pemahamannya tentang meningkatkan kecerdasan emosional anak.

“Saya semakin paham bagaimana cara menilik dan membantu anak yang memiliki emosi negatif,” ujarnya setelah mengikuti kegiatan workshop ini. Diharapkan setelah kegiatan workshop ini, guru-guru TK Aisyiyah di Pandeglang dapat menerapkannya dalam melakukan assessmen dan observasi kecerdasan anak di sekolah.

 

Posting Komentar

0 Komentar