7 Kunci Menuntun Anak Menuju Pintu Sukses, Apa Saja?

Sumber: Cara2sukses.com

GHIRAHBELAJAR - Hai teman Ghirah Belajar di manapun kamu berada. Kali ini kita bakal membicarakan soal bagaimana orang tua dan guru menuntun kesuksesan. Ya, siapa sih yang tidak mau sukses? Pasti kamu termasuk orang pengin melihat anak atau anak didikmu menjadi sukses di masa depan, bukan? Nah, untuk itulah kamu perlu tahu 7 hal ini. Inilah 7 kunci menuntun anak menuju pintu sukses.

1. Sebagai orang tua, kamu harus memfasilitasi anak untuk belajar 


Memberikan fasilitas belajar terbaik kepada anak menjadi salah satu kunci keberhasilan belajar anak. Nah, teman Ghirah Belajar bisa baik sebagai orang tua maupun guru, bisa berperan menjadi fasilitator untuk anak. Sehingga dengan fasilitas belajar yang lengkap dan nyaman, anak akan semangat untuk belajar, di rumah maupun di sekolah.

2. Ajar anak untuk bisa disiplin


Sudah menjadi rahasia umum, bahwa kebanyakan orang sukses di dunia ini adalah mereka yang berhasil mendisiplinkan dirinya. Kebiasaan disiplin bisa dilatih di rumah dan sekolah, mulai dari yang sederhana seperti kebiasaan tepat waktu dalam mengerjakan sesuatu, menaruh barang di tempatnya setelah selesai digunakan, mengerjakan pekerjaan rumah dengan baik, menyelesaikan tugas, dan seterusnya. Dengan terbiasa disiplin, anak akan mudah mengatur hidupnya kelak.

3. Menjadi teman belajar


Bagi orang tua, setiap hari pasti meluangkan waktunya unttuk menemani anak belajar. Tugas ini, buat kamu sangat penting karena dengan menjadi teman belajarnya, kamu juga bisa meng-update materi pembejalaran yang tentu sangat berbeda dengan apa yang dulu kamu dapatkan ketika sekolah. Di sisi lain, kamu juga bisa sekaligus menjadi pengawas dan penilai bagaimana keseriusan anak dalam belajar. Nah, untuk guru di sekolah pun, sesekali mesti bisa menjadi teman bagi anak didiknya. Hal ini penting untuk membangun chemistry antara guru dan murid.

4. Sabar ketika memberikan pembelajaran


Pasti teman Ghirah Belajar percaya bahwa buah kesabaran itu pasti manis. Begitu pun dengan mendidik dan mengajari anak atau anak didik. Sabar menjadi kuncinya. Karena dengan sabar kita bisa memberikan pembelajaran dan pendidikan yang tenang, ikhlas, dan penuh perhatian. Tentu saja, anak pun akan termotivasi dengan kesabaran kita sebagai guru dan orang tua, bukan?

5. Hargai karya dan hasil belajar anak


Memberikan penghargaan jangan hanya dilakukan ketika anak memiliki prestasi yang gemilang, juara lomba, juara kelas, dan sebagainya. Tapi juga bisa kita lakukan dengan melihat jerih payahnya mendapatkan hasil itu. Begitu juga ketika dia berkarya menciptakan sesuatu, maka tugas kita sebagai orang tua dan pendidik adalah memberikan penghargaan. Dengan begitu, kreativitas dan upaya yang dilakukan anak tidak akan berhenti. Akan berbeda hasilnya jika kita mengabaikan atau malah memarahinya.

6. Budayakan anak untuk gemar membaca


Alangkah baiknya apabila setiap bulannya, anak kita berikan hadiah buku. Baik berupa buku-buku bertema hiburan, pengembangan diri, atau apa pun yang menjadi kegemarannya. Kebiasaan membaca itu sangat penting dimiliki oleh setiap anak, karena membaca itulah yang membuat mereka terbiasa menangkap dan mencerna informasi dengan baik. Orang tua bisa menyiapkan pojok baca di rumah dan guru juga bisa menyediakan perpus mini di bagian belakang kelas.

7. Jangan lupa untuk selalu mendoakannya

Segala sesuatu akan hampa apabila tanpa rahmat dari-Nya. Sebab itulah, menjadi tugas utama orang tua dan pendidik yaitu mendoakan agar anak-anaknya selalu diberikan kesehatan dan kesuksesan di masa depan.

***
Jadi, teman Ghirah Belajar 7 kunci ini sangat penting dan pasti memiliki pengaruh yang besar bagi perkembangan anak. Ingat, dosa besar itu adalah ketika kita meninggalkan generasi yang lemah. Maka dari itu, jangan menyerah dan jangan ragu untuk mempersiapkan kesuksesan anak. Terus hidupkan ghirah belajarmu, ghirah belajar anakmu, dan ghirah belajar anak didikmu.

-Terima Kasih-

Referensi

Imam Khoiri S.Pd. Orang Tua dan Guru Jangan Baca Buku Ini. (Jakarta: Salaris Publisher).

Posting Komentar

0 Komentar