Resensi: Memutus Wabah Pilu Menyemai Benih Rindu


GHIRAHBELAJAR.COM - Resensi: Memutus Wabah Pilu Menyemai Benih Rindu

Ahm Soleh merupakan penyair yang juga gemar menulis esai di berbagai media. Tulisannya tersebar di berbagai media. Bukunya yang sudah terbit, antara lain kumpulan puisi Untuk Mak Eha, Menunaikan Ibadah Puisi, Aku Ingin Menjadi Rumah Buatmu, IMM Autentik (kumpulan esai), dan Wajah Islam Kita (kumpulan esai).

Selain itu, ia juga menulis puisi di buku Rindu Rendra Megatruh (2019) bersama Taufiq Ismail dkk. Saat ini, alumnus FKIP Uhamka ini menjadi pemimpin redaksi MadrasahDigital.co dan aktif di IMM. Ia juga bekerja sebagai editor bahasa di Harian Republika.

Puisi pertama dalam buku ini dimulai dengan judul “Kita Hanya Berjarak”. Dalam puisi ini, Ahm Soleh menyampaikan perpisahan yang tidak betul-betul terpisah. Perpisahan itu melainkan hanya sejenak untuk rehat dan tidak saling berdekatan. Sungguh perpisahan yang sangat pilu.

Setelah puisi pertama, dilanjutkan dengan 107 puisi berikutnya yang tak kalah menarik perhatian pembaca. Puisi-puisi Ahm Soleh terdiri atas beragam tema yang menyangkut cinta, rindu, sedih, kritik demokratis, spiritual, dan banyak hal lainnya.

Seperti dalam puisi “Uhuk!” yang menggambarkan sesak kerinduan terhadap seseorang. Berikut puisinya:

Seperti udara
Kuhirup dalam-dalam rindu ini
Mampus aku tersedak sepi


Kelebihan dari buku ini adalah puisi yang dibuat Ahm Soleh menggunakan kata-kata yang indah dalam setiap bait penulisan puisinya. Setiap kata dan bait mempunyai makna tersirat yang dapat dipahami. Pembaca dibuat terbawa oleh sajak-sajaknya yang menghanyutkan dengan makna yang dalam.

Kelemahan dari buku ini, ada beberapa puisi yang maknanya terlalu dalam sehingga sulit dipahami oleh pembaca awam. Akan tetapi, jika dibaca berulang-ulang pembaca akan memahami makna tersirat yang dibalut dengan kata-kata yang indah itu.

Buku ini hadir untuk memberi kabar baik kepada pembaca setia buku penulis Ahm Soleh. Kerja keras untuk menyelesaikan sehimpun puisi yang indah adalah bukti buku ini sangat layak dibaca oleh semua kalangan. Buku ini juga cocok untuk dijadikan pendamping bacaan dan menjadi inspirasi bagi para pembelajar puisi.

Identitas Buku


Judul : Memutus Wabah Pilu Menyemai Benih Rindu
Penulis : Ahm Soleh
Cetakan : I (Pertama), Agustus 2020
Penerbit : DIVA Press (Anggota IKAPI)
Tebal Buku : 129 halaman (108 judul puisi)
ISBN : 978-623-293-055-1 






Buku Memutus Wabah Pilu Menyemai Benih Rindu ini bisa dibeli langsung via WA 085717051886 atau via Instagram @tobutobu.id. Spesialnya, ada gratis ongkir untuk wilayah Jabodetabek.


(Peresensi: Agnes Arnez, Jurnalis Madrasah Digital)




Posting Komentar

0 Komentar