Menjelajah Pemikiran Tokoh PAUD Barat, Islam, dan Nasional

GHIRAHBELAJAR.COM, Oleh: Beninda Dhiyaa

Buku “Teori Tokoh Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Barat, Islam, dan Nasional” yang merupakan kumpulan teori dari beberapa penulis yang merupakan mahasiswa Sekolah Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD STAI) Muhammadiyah Klaten serta Maharani MPd sebagai editor ini bisa dijadikan pedoman atau acuan baik untuk mahasiswa, tenaga pendidik, maupun pihak lainnya dalam rangka memberikan kegiatan belajar untuk anak-anak PAUD. Buku setebal 112 halaman ini juga menyajikan beragam teori yang terkenal dari luar maupun dari dalam Indonesia yang turut membantu perkembangan dunia pembelajaran bagi anak-anak PAUD.

Dalam dunia pendidikan, khususnya PAUD beberapa teori dan metode pembelajaran perlu diperhatikan, sebab pendidikan sebelum masuk ke pendidikan dasar ini merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan rohani dan jasmani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Pendidikan PAUD ini memfokuskan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan enam perkembangan yaitu: agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni. (Permendikbud 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD menggantikan Permendiknas 58 tahun 2009).

Seperti penjelasan di atas bahwa perkembangan anak usia dini meliputi perkembangan fisik, motorik, kognitif, bahasa, emosi, dan sosial. Maka dari itu dibutuhkan berbai macam teori yang bisa dijadikan acuan dan pedoman agar pembelajaran PAUD dapat berjalan sebagaimana yang diharuskan. Seperti halnya di dalam buku ini membahas tentang Frobel School yang terkenal. Menurut Frobel, anak-anak dilengkap dengan energi spiritual yang akan terbuka dalam lingkungan pendidikan yang mendorong pembelajaran melalui kegiatan mandiri dan bahan-bahan yang dirancang khusus (Montessori:2015). Frobel pun menciptakan 500 kotak kubus dari kayu, permainan, lagu-lagu serta kerajinan tangan sebagai sarana belajar bagi anak-anak Frobel School.

Selain itu, ada juga teori Vygotsky yang lebih menekankan pada aspek sosial dari pembelajaran. Vgotsky menekankan bagaimana anak-anak dibantu untuk berkembang di bawah bimbingan orang-orang yang memiliki pengalaman di bidang pembelajaran ini. Vgotsky percaya bahwa pembelajaran dan perkembangan adalah suatu kegiatan sosial, yaitu aktivitas kerja sama. Jikalau mencari sebuah teori yang mengenalkan anak-anak dengan konsep pengalaman menghitung, mengukur, merasakan, dan menyentuhnya bisa dipelajari dari teori Audio Visual Memory (AVM) yang dikembangkan oleh Pestalozzi. AVM melatih dan mengembangkan daya imajinasi, kreativitas serta bakat minat yang dimiliki oleh anak. Pestalozzi percaya bahwa cara belajar yang terbaik untuk mengenal konsep adalah dengan melalui pengalaman.

Di dalam buku ini ada juga teori dari pahlawan pendidikan di Indonesia, siapa lagi kalau bukan Ki Hajar Dewantara. Ki Hajar Dewantara memandang bahwa anak ialah sebuah kodrat alam yang mempunyai pembawaan masing-masing serta memiliki kemerdekaan untuk berbuat dan mengatur diri mereka sendiri. Budi pekerti menjadi ciri khas pembelajaran PAUD yang diberikan oleh Ki Hajar Dewantara. Beliau menyatakan bahwa pendekatan yang baik dan tepat dalam menanaman budi pekerti pada PAUD dengan memberi contoh teladan, cerita dan juga permainan. Bahwa dalam proses pembentukan manusia yang memiliki kepribadian luhur diperlukan dengan cara menanamkan nilai moral watak, harkat, dan martabat kemanusiaan.

Sejarah peradaban manusia mencatat begitu banyak peristiwa yang terjadi di berbagai belahan dunia. Tokoh-tokoh penting pun bermunculan dari masa ke masa, begitu halnya dengan dunia pendidikan. Teori-teori yang disajikan juga beragam dan saling berkaitan sehigga memberikan manfaat yang luar biasa bagi perkembangan pendidikan di dunia ini. Buku ini akan membawamu untuk lebih mengenal siapa sajakah tokoh-tokoh pendidikan yang menjadi pedoman yang nantinya akan digunakan sebagai landasan untuk para pembaca yang membutuhkannya.



Identitas Buku


Judul: Teori Tokoh Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Barat, Islam, dan Nasional
Penulis: Siti Rodiatun, Dyah Eka, Nining Estiningsih, dkk.
Editor: Maharani, M.Pd.
Tebal: iv + 108 Halaman
Tahun terbit: 2022
Penerbit: Penerbit Irfani
ISBN: 978-623-5929-26-2



Testimoni


“Buku ini berguna bagi pendidik dan praktisi PAUD untuk mendalami dunia PAUD dan sejarahnya.” Vivi Sufiati, dosen PG PAUD Univ PGRI

“Buku yang luar biasa ini membuka cakrawala pengetahuan pendidikan anak usia dini dari berbagai perspektif ilmuwan pendidikan anak di dunia.” Muharrahman, kaprodi PIAUD IAIQ Indralaya

"Buku ini bagus sekali, bida dijadikan untuk referensi keilmuan bagi penggerak PAUD di manapun berada.” Hj Badroh Rifati, waket I bidang akademik STAI Muhammadiyah Klaten

“Sebagai seorang guru, buku ini memberi saya kesempatan untuk mempelajari teori tentang PAUD secara sederhana, simpel, dan mudah dipahami.” Yuliani Hal Mukharomah, guru TK Negeri Pembina Jakarta

 

Posting Komentar

0 Komentar