Sosialisasi Pencegahan Covid-19 dengan Tumbuhkan Jiwa Qurani


GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA - Mahasiswa FKIP Uhamka yang tergabung dalam kegiatan PKL kelompok 1 PGSD FKIP Uhamka.Kesembilan mahasiswa itu adalah Faindah Kurnia Wardhani, Anggit Meirinnisa, Khintan Suci Mujiyanti, Salwa Meliana Sabrina, Anty Kamalia, Siti Nurhaliza Juliana, Gitalia Putri Oktaviani, Wiwid Fitriyani, Tutikasyani. Yang akan mengadakan sosialisasi pencegahan Covid-19. Salah satu sosialisasi yang diberikan adalah cara pencegahan Covid-19, cara mencuci tangan yang benar, cara memakai masker yang benar, dan macam-macam masker yang dapat digunakan.

Sosialisasi ini ditujukan untuk SDN Karang Anyar 03 yang berlokasi di Jalan Karang Anyar RT 010 RW 003 Nomor 13, Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. "Tujuan dari kegiatan ini siswa mengetahui pentingnya mencuci tangan dengan benar dan cara memakai masker dengan benar, serta mengetahui bagaimana dampak jika tidak mencuci tangan dan memakai masker dengan benar," kata Khintan Suci Mujianti kepada GhirahBelajar.com, Rabu (30/3).

 

Selain itu, kata dia, agar siswa juga mengetahui langkah pencegahan Covid-19 seperti melakukan dan menjaga pola hidup sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Dia menjelaskan, siswa SDN Karang Anyar 03 terlihat senang dan antusias saat mahasiswa PKL Kelompok 1 PGSD FKIP Uhamka menyosialisasikan pencegahan Covid-19. "Ketika diminta untuk mempraktikkan cara mencuci tangan dan memakai masker dengan benar," ungkapnya.

Sebelumnya, mahasiswa PKL Kelompok 1 PGSD FKIP Uhamka telah membuat poster Papan Protokol Kesehatan yang berisi tentang informasi Covid-19, kemudian memberikan edukasi dan demonstrasi pencegahan Covid-19 secara luring untuk siswa kelas I sampai kelas V SDN Karang Anyar 03.


Setelah itu, poster Papan Protokol Kesehatan yang telah dibuat oleh mahasiswa PKL kelompok 1 diberikan kepada kepala SDN Karang Anyar 03. Untuk program selanjutnya,Mahasiswa PKL kelompok 1 PGSD FKIP Uhamka juga telah melakukan kegiatan pendidikan di TPA al-Hikmah yang berlokasi di Jalan Karang Anyar RT 010 RW 003 Nomor 13, Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 11150.

Baca Juga: Biasakan Anak Membaca Doa Sehari-hari


Kegiatan ini di antaranya yaitu mengajarkan praktik wudhu dan shalat, membaca Iqra’, Juz Amma, dan Al-Qur’an. "Memahami ilmu tajwid, membaca dan menghafalkan Asmaul Husna, menghafal surat-surat pendek, menghafal doa-doa harian, serta menceritakan kisah-kisah nabi yang dapat dipahami dan diambil hikmahnya dari cerita tersebut," ujarnya.

Santri di TPA al-Hikmah berjumlah 30 orang dan berusia dari empat tahun sampai 12 tahun yang dibagi menjadi tiga level, yaitu level satu, level dua, dan level tiga. Kegiatan belajar di TPA Al-Hikmah dilaksanakan setiap hari senin sampai hari kamis, mulai pukul 13.30 sampai dengan pukul 15.00.


 
"Kegiatan di TPA Al-Hikmah ini dibuka sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak dalam rangka meningkatkan ketakwaan anak usia dini untuk belajar membaca Al-Qur’an, terutama pengetahuan anak-anak setempat terhadap ilmu keagamaan, seperti belajar praktik wudhu dan shalat, belajar menghafal surat-surat pendek dan doa harian, dan lain-lain)," ungkapnya.

Kegiatan pengajian di TPA al-Hikmah dimulai dari kegiatan pembukaan yaitu membaca Asmaul Husna dan doa bersama, kemudian dilanjut kegiatan inti praktik wudhu dan shalat, membaca Iqra’, Juz Amma, dan Al-Qur’an, memahami ilmu tajwid, menghafal surat-surat pendek, menghafal doa-doa harian, dan lain-lain.

Baca Juga: Lomba Puisi Klub Buku Narasi  


Selanjutnya, Mahasiswa PKL menjelaskan, kegiatan pengajian itu ditutup dengan membaca doa bersama dan salam. Santri-santri TPA al-Hikmah sangat senang dan antusias belajar bersama mahasiswa PKL Kelompok 1 PGSD FKIP Uhamka.

"Tidak lupa kami ucapkan Terima Kasih kepada Ibu Hj. Mimin Ninawati, S.E, M.Pd. selaku dosen pengampu yang telah membimbing kami, Ibu Dewi Yanti Sri Rahayu S.Pd. selaku kepala SDN Karang Anyar 03 Pagi yang telah mengizinkan kami dalam pelaksanaan kegiatan PKL tersebut. Ibu Lina Chaeriyah selaku Kepala TPA Al Hikmah yang telah membantu kami selama kegiatan berlangsung hingga akhir," ujarnya.

Baca Juga: Mahasiswa PGSD Uhamka Adakan Kelas Inpirasi Mading

Posting Komentar

0 Komentar