Ekstrakurikuler dan Peluangnya Bagi Prestasi Siswa


GHIRAHBELAJAR.COM, Oleh Zahra Putri Rahma Aliya

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan tambahan yang dilakukan di luar jam pelajaran yang dilaksanakan di lingkungan sekolah dan di bawah bimbingan pihak sekolah dalam meningkatkan minat dan bakat siswa. Dari sini kita dapat mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi siswa di sekolah.

Sekolah merupakan sebuah tempat untuk belajar dan mengajarkan ilmu. Sekolah memegang peranan yang sangat penting sekaligus menjadi salah satu tempat untuk mendalami sebuah pendidikan. Dari banyaknya sekolah, mereka memiliki kurikulum tersendiri. Kurikulum dapat diartikan sebagai suatu program pembelajaran yang direncanakan dan dilaksanakan untuk mencapai sejumlah tujuan pendidikan tertentu, di mana mereka melakukan kegiatan-kegiatan yang rutin dilaksanakan yang biasa disebut dengan kegiatan ekstrakurikuler.

Ekstrakurikuler merupakan kegiatan tambahan yang dilakukan di luar jam pembelajaran yang dilaksanakan di lingkungan sekolah dan di bawah bimbingan pengawasan pihak sekolah dalam meningkatkan minat dan bakat siswa. Kegiatan ekstrakurikuler diarahkan untuk memperluas dan memperkaya wawasan juga kemampuan siswa sebagai bentuk pengembangan dalam ilmu. Fungsi dari kegiatan ekstrakurikuler yaitu untuk mengembangkan kemampuan potensi dan rasa tanggung jawab memberikan kesempatan kepada para siswa untuk memperluas pengalaman sosial dalam kesiapan karir para siswa melalui pengembangan kapasitas.

Tujuan dari kegiatan ekstrakurikuler antara lain dapat memperdalam dan memperluas pengetahuan keterampilan, menyalurkan minat dan bakat, mengembangkan dan mengaktualisasi potensi yang dimiliki oleh siswa, serta menyiapkan siswa menjadi seseorang yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat mandiri (civil society). Banyak sekali kegiatan ekstrakurikuler, misalnya seperti pramuka, PMR, marching band, bela diri, dan yang lainnya.

Kegiatan ekstrakurikuler tentu sangat mempengaruhi dalam cara belajar sampai prestasi siswa di sekolah. Prestasi adalah hasil yang telah dicapai. Dengan demikian, prestasi menggambarkan hasil yang diperoleh oleh seorang siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dengan pencapaian yang mereka raih. Dengan arti, seseorang akan mendapatkan prestasi apabila mereka telah mengikuti dan menyelesaikan proses belajar mengajar yang nantinya akan memberikan suatu hasil dari aktivitas tersebut.

Siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler akan meningkatkan kehadiran yang lebih baik, prestasi akademik, dan keinginan untuk melanjutkan pendidikan sekolah yang tinggi jika dibandingkan dengan teman sebayanya yang tidak berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler. Dengan adanya kegiatan ekstakurikuler siswa berkeinginan bersekolah karena disediakan sesuai dengan minat dan bakatnya.

Berdasarkan penelitian Aydin Balyer dan Yuksel Gunduz mengungkapkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler meningkatkan siswa baik sosial dan penghargaan akademik. Banyak siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler meskipun mereka tidak diukur secara langsung dan terkait dengan program akademik mereka. Selanjutnya penelitian Rusmiaty yaitu terdapat pengaruh positif antara kegiatan ekstrakurikuler dengan prestasi belajar, yang artinya siswa yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler maka prestasi belajarnya akan meningkat karena siswa tersebut termotivasi untuk belajar lebih giat.

Fredricks dan Eccles menemukan bahwa partisipasi kegiatan ekstrakurikuler dapat dikaitkan dengan hasil akademik yang positif, termasuk peningkatan nilai, nilai ujian, lebih banyak keterlibatan sekolah, dan peningkatan aspirasi pendidikan. Untuk mencapai prestasi belajar yang optimal, peserta didik tidak cukup hanya dengan diberikan materi pelajaran di kelas saja, melainkan juga perlu adanya kegiatan tambahan diluar kurikulum pelajaran. Salah satu wadah pembinaan siswa di sekolah adalah dengan kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Semakin banyak siswa yang terlibat aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler, maka semakin meningkat juga prestasi belajar para siswa di sekolah.

Sebaiknya semua pihak sekolah lebih terus mendukung peningkatan kreativitas siswa dengan melatih siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler lebih baik. Selain itu, diharapkan mengadakan penyesuaian kurikulum pada kegiatan ekstrakurikuler sehingga siswa bisa mengoptimalkan waktu dalam belajar. Dapat menjadi masukan juga bagi siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler untuk dapat meningkatkan prestasi belajarnya, lebih memanfaatkan waktu untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, dan lebih aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler agar dapat mengembangkan minat, bakat serta pengetahuan.

Posting Komentar

0 Komentar