Pengaruh Media Massa dalam Dunia Politik



GHIRAHBELAJAR.COM, Oleh Januar Rizky Fetito

Media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Jika khalayak tersebut tersebar tanpa diketahui dimana mereka berada, biasanya digunakan media. Media adalah alat yang digunakan dalam penyampaian pesan dari sumber ke penerima.

Pada dasarnya media massa memiliki peran yang cukup besar. Seperti halnya peran media didalam politik. Media massa diperlukan untuk mendukung dan mempercepat penyampaian informasi atau pesan. Sebagian besar masyarakat sudah memahami penggunaan, dampak, keuntungan dari sebuah media, penyampaian sebuah informasi didalam sebuah kabar sudah menjadi hal yang kita temui sehari-hari. Di era saat ini kita dapat mencari dan mengetahui informasi dengan mudah melalui media online. Selain itu juga kita dapat menyaksikan dan mendengarkan informasi terbaru dan perkembangannya melalui televisi, radio, surat kabar, dan lain-lain.

Apa Itu Politik?


Politik adalah bentuk kegiatan kerja sama, interaksi, dan pembuatan undang-undang kewenangan sehingga terjadi sebuah keputusan yang nantinya disepakati. Tidak jarang timbulnya konflik dalam kegiatan ini akibat individu-individu yang mempertahankan argumen demi kepentingan golongan maupun dirinya sendiri.

Di era ini media sudah sangat membantu masyarakat dari berbagai kendala terhadap asupan informasi yang dimiliki, seperti di dalam bidang politik. Sekarang masyarakat mampu mengetahui perkembangan, kondisi terkini, masalah yang sedang terjadi didalam dunia politik melalui sebuah media. Dan tidak sedikit pula masyarakat yang ikut berpendapat untuk berita atau isu yang sedang terjadi.

Sebagian masyarakat mungkin masih mengalami keasingan terhadap media dan minim akan pengetahuan seputar politik. Seperti yang kita ketahui pergerakan dan perkembangan politik di Indonesia sangatlah pesat, tentu dalam hal ini menimbulkan sikap pro dan kontra terhadap kondisi yang sedang terjadi.

Peran Media Massa


Melalui media seperti televisi, kita dapat melihat pergerakan informasi politik dalam negeri dan kita juga dapat menyaksikan serta mengetahui masalah-masalah yang sedang terjadi di dalam dunia politik, ada beberapa program televisi yang menayangkan politikus-politikus negara yang sedang beradu argumen satu sama lain seputar permasalahan politik yang sedang terjadi dan atau bahkan hanya sekadar diskusi untuk mencari akar solusi dari permasalahan yang ada di negeri ini.

Kita dapat menyaksikan program-program tersebut melalui tayangan televisi di acara seperti Mata Najwa, Talkshow Rosi dan Kick Andy. Dulu ada satu program lagi yaitu ILC (Indonesia lawyer club) yang dipimpin oleh Karni Ilyan, namun acara tersebut sudah tidak ada lagi dan dari desas-desus yang beredar acara tersebut ditutup oleh pemerintah. Dari acara-acara tersebut kita dapat mengetahui solusi yang keluar dari isi kepala para elite politik serta pandangan mereka terhadap permasalahan yang sedang terjadi dan dapat kita nilai. Berkat tayangan media tersebut juga kita dapat mencerna permasalahan yang ada dan memberikan pandangan atau opini kita sendiri.

Namun, di balik semua itu, tentunya media massa memiliki sisi positif dan negatif. Peran media mencirikan bahwa proses interaksi manusia merupakan hal terpenting dalam masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan terhadap informasi yang berkembang adalah salah satu sisi positif dari media. Lalu sisi negatifnya adalah media dipandang sebagai ancaman, meningkatkan kontrol dan pengawasan terhadap masyarakat.

Efek terpenting dari media massa adalah memperkuat sikap-sikap dan pendapat yang telah ada.

Posting Komentar

0 Komentar