IPM Garut Siap Kawal dan Sukseskan Muswil IPM Jabar



IPM harus cakap mendesain konsep dakwah yang efektif bagi pelajar dan masyarakat.


GHIRAHBELAJAR.COM, BANDUNG - Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kabupaten Garut benar-benar siap untuk mengawal gagasan dan mensukseskan Musyawarah Wilayah (Musywil) XX IPM Jawa Barat di Kota Bandung. Hal ini terbukti dengan digelarnya berbagai kegiatan yang diadakan, salah satunya Rapat Koordinasi yang dihadiri oleh seluruh kader dari PC IPM se-Kabupaten Garut di Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Garut, Sabtu (13/8).

Rapat Koordinasi dimulai dengan Sharing Session dengan mengangkat tema Suksesi Musyawarah; Inklusif, Kolaboratif. Telah hadir pemantik dalam kegiatan Rapat Koordinasi tersebut, yakni Muhammad Irsyad Khalid, yang merupakan kader IPM Garut sekaligus menjabat sebagai Sekretaris Umum PW IPM Jawa Barat.

Beliau menyampaikan bahwa Musyawarah Wilayah XX IPM yang diadakan di Kota Bandung merupakan kesempatan bagi kader Garut untuk menyuarakan ide dan gagasannya. “Kesempatan tidak datang dua kali, kalaupun datang dua kali maka tidak akan sama seperti yang semula. Maka, Musywil ini adalah kesempatan pertama bagi kawan-kawan pengurus pimpinan cabang untuk menyuarakan ide dan gagasanya,” katanya kepada para peserta Rapat Koordinasi.

Lebih lanjut beliau menjelaskan tentang pentingnya ide dan gagasan untuk mensukseskan Musywil XX dan menunjang berjalannya roda organisasi. “Selain kontestasi politik dan pergantian kepemimpinan, ada aspek-aspek penting yang harus diperjuangkan di dalam arena permusyawaratan. Yaitu memperjuangkan ide dan gagasan yang matang tentu dengan kajian yang serius berdasarkan need assesment,” ujarnya kepada Ghirah Belajar, Rabu (17/8).

Adapun hasil dari Rapat Koordinasi tersebut bahwa Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Garut akan membawa segudang ide dan gagasan yang nantinya akan dikawal dan diperjuangkan pada Musywil XX IPM Jawa Barat. Ada tiga ide dan gagasan yang telah dirumuskan dan disepakati bersama, yakni IPM harus menjadi ruang ekspresi bagi para kadernya dan Pelajar Muhammadiyah se-Jawa Barat. Kedua, Gerakan IPM harus lebih adaptif dan fleksibel terhadap perubahan zaman dengan mengangkat potensi para kadernya. Ketiga, sebagai gerakan Islam IPM harus cakap mendesain konsep dakwah yang efektif bagi pelajar dan masyarakat.

Selanjutnya acara ini ditutup dengan foto bersama dan pembagian kupon yang nantinya akan dibagikan kepada para Pelajar Muhammadiyah di tiap-tiap sekolah Muhammadiyah sebagai bentuk untuk mensukseskan Musyawarah Wilayah XX IPM Jawa Barat. (reporter: fadhil azhar permana)

Posting Komentar

0 Komentar