Mahasiswa Uhamka Mantapkan Kompetensi dengan Program PLP2



GHIRAHBELAJAR.COM - Sekelompok mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka), yang terdiri atas Novi Indriani, Diah Febrianti, Khoria Triana Sari, Rizky Amalia Salsabilah, Mella Zurharti Azhar, Muflika Choirunissa, dan Novita Sari melaksanakan Program PLP 2 di SDN Susukan 01.

Dr. Irwan Baadilah, M.Pd selaku dosen pembimbing program ini menjelaskan bahwa mahasiswa diharapkan dapat memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi yang disertai dengan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir tingkat tinggi

"Seperti menelaah kurikulum dan RPP, menetapkan strategi pembelajaran, menetapkan sistem evaluasi, mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbimbing oleh guru pamong dan dosen pembimbing lapangan," ujar Irwan Baadilla.

Program PLP 2 yang diselenggarakan oleh FKIP Uhamka merupakan salah satu mata kuliah wajib lulus yang dilaksanakan untuk memenuhi program sarjana pendidikan pada semester VII. Kegiatan ini melibatkan pimpinan FKIP UHAMKA, koordinator dan tim pelaksana program PLP 2 , kaprodi dan DPL (dosen pembimbing lapangan), pimpinan mitra sekolah seperti kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru pamong dan mahasiswa PLP 2.

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 46 ini menjalani PLP 2 di SDN Susukan 01 di Kelurahan Susukan, Kecamatan Ciracas, Kota Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan terbagi menjadi dua, yakni kelas pagi dan kelas siang. Kepala SDN Susukan 01 Baban Sobarna, M.Pd. mengatakan, SDN Susukan 01 berdiri pada 20 April 1990 dengan akreditasi A yang SK-nya ditandatangani oleh Prof. Dr. I Made Putrawan.

Pembelajaran yang dilakukan di sekolah ini sehari penuh yang dilaksanakan lima hari terhitung dimulai dari hari Senin-Jumat. Dengan rombongan belajar yang terdiri atas 1A, 1B, 2A, 2B, 3A, 3B, 4A, 4B, 5A, 5B, 6A, 6B tingkat kelas kelas 1 sampai kelas 6 dengan jumlah siswa 379 orang. Sarana dan prasarana yang terdapat di sekolah tersebut seperti gudang, kamar mandi guru, difabel, dan siswa, mushala, kantin, ruang belajar anak inklusi, ruang guru, ruang kelas 1-6, ruang kepala sekolah, ruang perpustakaan dan ruang UKS.

"Kegiatan kami selama berada di SDN Susukan 01 dimulai dari tanggal 10 Oktober 2022–12 Desember 2022 meliputi adanya kegiatan upacara pagi yang dilaksanakan setiap hari Senin, adanya kegiatan senam pagi setiap hari Rabu, adanya kegiatan bersih-bersih ruang perpustakaan, adanya kegiatan penyambutan siswa/siswi setiap pagi hari dengan mengarahkan untuk mengecek suhu, adanya kegiatan literasi yang dilakukan oleh mobil perpustakaan keliling agar meningkatkan minat anak pada program membaca dengan mengenali buku-buku bacaan yang menarik," ujar salah satu mahasiswa. 

Selanjutnya, kata dia, adanya kegiatan pembacaan cerpen di lapangan dengan menggunakan salah satu pembicara serta memperagakan hewan-hewan seperti zebra, monyet dan koala, kegiatan menggantikan guru mengajar di kelas, kegiatan upacara bersama di hari guru dan petugasnya adalah rekan-rekan guru di SDN Susukan 01, adanya kegiatan maulid Nabi, adanya projek penguatan profil pelajar Pancasila seperti adanya gerakan tarian daerah yang ditarikan oleh siswa/siswi SDN susukan 01, membuat perangkat pembelajaran, membuat media pembelajaran yang konker atau yang biasa disebut alat peraga, pengembangan bahan ajar, dan perangkat evaluasi.

Rianah, S.Pd., guru pamong sekaligus wali kelas V SDN Susukan 01 Pagi menuturkan, Program PLP2 Uhamka sangat baik karena untuk melatih kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial dimana aspek ini sangat dibutuhkan dalam kompetensi sebagai agen pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar. 

"Dengan adanya program PLP 2 ini bisa membantu untuk mengenal langsung lingkungan sekolah, suasana akademik, pelaksanaan administrasi,dan kondisi sosial sekolah, menguasai berbagai keterampilan mengajar, serta menerapkan dan mengembangkan empat kompetensi mengajar yaitu pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial, dan memiliki pengalaman selama praktik sehingga mengetahui bagaimana sesungguhnya posisi dan peran profesional seorang pendidik," ungkapnya.

Dalam pelaksanaan PLP 2 menjadi tantangan tersendiri bagi para calon guru untuk dapat menciptakan suasana belajar yang akif dan menyenangkan bagi para siswa/siswi di SDN Susukan 01. Untuk itu, kami selaku mahasiswa PLP 2 kelompok 46 selalu berusaha untuk mencari ide yang menarik, alat peraga dan media pembelajaran yang menarik agar siswa/siswi di SDN Susukan 01 memiliki keinginan dan semangat yang tinggi dalam belajar.

Posting Komentar

0 Komentar