Konferda ABKIN Banten, Makin Maju dan Profesional


 

GHIRAHBELAJAR.COM, CILEGON - Asosisasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) Provinsi Banten menyelengarakan Kegiatan Konferda (Konferensi Daerah), Kamis (27/10). Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sudah diputuskan pada 2021, di mana hasil rapat itu memberikan mandat kepada PC ABKIN Cilegon untuk menyelenggarakannya.

Kemudian, PC ABKIN Cilegon mengajukan kegiatan Konferda disandingkan dengan kegiatan seminar dan edufair. Menurut Ibrahim selaku ketua ABKIN Banten, konferda berjalan dengan lancar. Dia mengatakan, target peserta seminar yang tadinya sebanyak ditargetkan hadir 150 orang, panitia pelaksana berhasil mengumpulkan sebanyak 300 orang. “Ini merupakan sebuah prestasi,” katanya.

Selain itu, dia menambahkan, ini membuktikan bahwasanya judul yang dibuat oleh panitia pelaksana, “Penegasan peran guru BK dalam kurikulum merdeka belajar melalui pengembangan profesional dan penguatan kolegial” diminati oleh peserta.

Dalam kegiatan Konferda tersebut terpilih secara aklamasi Dr. (Cand) Ibrahim Al Hakim, M.Pd. kembali menjadi ketua ABKIN Provinsi Banten masa bhakti 2022-2026. Ibrahim menyampaikan dengan semangat kolegial mari kita bangun ABKIN Banten makin maju dan profesional.

Acara ini dihadiri oleh Dr. H Tabrani, M.Pd selaku kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten. Tabrani berulang-ulang mengatakan sangat mengagumi acara tersebut. “Guru BK bisa kompak gitu ya sangat kaget,” ungkapnya.

Ketua 1 ABKIN Banten, Dra. Ai Sholihat Kons mengungkapkan, acara ini dihadiri 300 guru BK dari delapan kabupaten/kota. “Kegiatan ini memang event 4 tahun sekali karena acara asosiasi intinya dan pertama dilaksanakan dengan seminar dan edufaer,” ujarnya.

Menurut Ai, dalam kegiatan edufaer dihadiri oleh sekitar 2.500 siswa yang sangat antusias dalam mengikuti acara. Para siswa juga mendapat jemputan menggunakan mobil bantuan dari Kodim Cilegon. Acara edufaer ini menampilkan hasil karya dari peserta didik SMA di Banten dan pameran dari berbagai perguruan tinggi untuk kelanjutan karier.

“Acara ini dapat terlaksana berkat kerja sama antra seluruh panitia dan sponsor serta RRI. Tujuan diselengarakan edufaer adalah untuk menambah wawasan para siswa tentang karier lanjutan di perguruan tinggi. Dengan adanya kegiatan ini Ai berharap seluruh guru BK serta semua unsur yang terlibat dalam ABKIN dapat saling bersinergi untuk dapat memajukan pendidikan di Indonesia,” ujarnya.

Acara ini dihadiri juga Prof. Dr. Uman Suherman, AS, M.Pd selaku Guru Besar UPI dan Sekjen PB ABKIN, Dr. Aip Badrujaman, M.Pd selaku kepala UPT LBK dan Pusat karir UNJ selaku pemateri dalam seminar, Dr. Aryo Seno, S.Kom, M.M,CHt selaku pemateri, Agus Panca, M.Pd Ketua MKKS Cilegon, perwakilan pengawas sekolah Ujang Saprudin, M.Pd, dan kepala sekolah di wilayah Cilegon. (rep: kiki/ed: ahmad soleh)

Posting Komentar

0 Komentar