Menjadi Kpopers yang Menghasilkan Cuan



GHIRAHBELAJRA.COM, Oleh Rika Afrynda Eksanti, Mahasiswa D3 Perpustakaan Universitas Sebelas Maret

Memang beberapa tahun belakang demam Kpop makin memuncak, dikarenakan banyak bintang-bintang Kpop tampan dan cantik bermunculan. Bahkan, juga sedikit mempengaruhi dunia musik Indonesia yang juga bermunculan boyband atau girlband Indonesia ala Korea. Tidak sedikit juga fans boyband atau girlband Korea tersebut yang berasal dari Indonesia.

Di Indonesia sendiri pun fenomena Korean Wave membuat minat berlibur atau berkunjung ke Korea Selatan mengalami peningkatan. Rasa minat ini didorong oleh keinginan para penonton dan penikmat drama Korea (DraKor) yang ingin mengunjungi langsung tempat-tempat yang ada di drama Korea tersebut.

Korean Wave adalah istilah untuk penyebaran budaya populer Korea melalui produk-produk hiburan dan budayanya seperti drama, musik, gaya hidup, make up, gaya berbicara, bahasa bahkan hingga ke makanan serta minumannya. Namun, banyak orang yang tidak menyukai Kpopers. Banyak yang beranggapan bahwa Kpopers ini hanyalah fans yang ‘alay’ dan ‘lebay’. 

Tak sedikit pula yang berpendapat bahwa menjadi Kpopers hanyalah membuang-buang waktu saja. Padahal, banyak sekali manfaat yang belum banyak orang ketahui, yang bisa kita dapatkan dengan menjadi Kpopers, salah satunya yaitu sebagai ladang menghasilkan uang. Penasaran ga sih caranya gimana? Yuks Simak penjelasan di bawah ini, cekidottt

Mereka menjadikan Kpopers ini sebagai ladang bagi mereka untuk menghasilkan uang atau bisnis untuk menambah uang jajan mereka. Gimana sih caranya? Apa kita harus pergi ke Korea? Enggak dong, kita enggak harus pergi ke Korea untuk jasa titip beli barang, album, dll.

Nah, ini dia beberapa tips yang dapat menghasilkan uang dan tentunya tetap menyalurkan hobi kita menjadi seorang K-Popers. Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan usaha ini, misalnya kita suka nih sama BTS atau idol group lainnya, kita bisa buka jasa titip beli album, merchandise, photocard, dll.

Caranya kita cukup memesan ke toko atau distribusi barangnya langsung di Korea melalui website yang disediakan. Jangan khawatir kalau websitenya itu ilegal, karena kebanyakan dari mereka websitenya sudah resmi. Jangan lupa untuk lakukan negosiasi harga untuk setiap barang yang akan dipesan, biasanya jika kamu memesan dengan jumlah besar akan ada pengurangan harga.

Untuk memasarkannya, kamu bisa memanfaatkan sosial media yang kamu miliki sebagai platform marketing-mu. Kamu juga bisa bekerja sama dengan berbagi akun-akun sosial media kpop dan fan accountnya. Dengan begitu kamu pun tidak perlu pusing mencari target pasar lagi.

Selain buka jastip kamu juga bisa menjadi calo penjualan tiket konser dan jika kamu jago dalam berbahasa Korea, kamu bisa membuka kelas belajar berbahasa Korea dan tentunya hal tersebut juga menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit.

Untuk kamu yang suka terjun didunia kuliner, kamu bisa membuka usaha kecil-kecilan, menu yang kamu sediakan adalah menu-menu khas Korea, misalnya tteokbokki, kimchi, jajangmyeon, kue beras tteokbokki, fish cake atau eomuk, kimchi, mandu (dimsum versi Korea), gochujang (saus pedas khas Korea), dan lainnya.

Nah penjelasan tadi adalah bisnis yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang dan manfaat dari hobi kamu sebagai seorang Kpopers. Jadi, antara hobi dan penghasilan kalian seimbang.

Kalau kalian terkendala soal modal, kalian bisa melakukan dengan bisnis kecil terlebih dahulu, atau melakukan penjualan dengan sistem PO dan DP 50%.

Sesuatu yang kita lakukan atau kita sukai pasti ada kekurangan dan kelebihan atau manfaatnya masing-masing. Namun, ketika kita tidak menyukai suatu hal, jangan hanya berpikir tentang keburukan dari hal tersebut. Dan jangan memandang semua orang yang melakukan hal yang kamu tidak sukai itu sama. 

Hal buruk bisa terjadi juga tergantung dari orang itu sendiri. Jika orang itu tidak bisa memanfaatkan sesuatu dengan baik, maka sesuatu itu akan menjadi bumerang buruk juga bagi kita. Pandangan orang lain pun juga akan ikut buruk.

Oleh karenanya, kita harus bisa memanfaatkan suatu hal dengan baik dan tidak berlebihan. Dalam hal ini adalah ketertarikan akan budaya Korea. Tak sedikit orang yang mengecap bahwa fans Korea adalah fans yang buruk dan merugikan. Namun, di balik itu semua mereka mungkin kurang mengetahui bahwa menjadi seorang fans Korea itu juga ada (banyak) manfaatnya.

Seperti memperluas area pertemanan, menjadi tertarik untuk belajar bahasa asing, memperluas pengetahuan kita terhadap budaya asing, dan belajar untuk bisa menabung dan bekerja keras demi mewujudkan apa yang kita mau.

Posting Komentar

0 Komentar