Membangun Percaya Diri Secara Masuk Akal


 

GHIRAHBELAJAR.COM, Oleh Sherli Sarwahita, Mahasiswa D3 Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Angkatan 2022

Nah teman-teman, sekarang bagi kamu yang sedang mengalami rasa kurang percaya diri. Seperti menjadi pribadi yang minder, mudah malu, mudah rendah diri, kamu bingung tidak dengan kondisimu?

Begini jawabannya. Manusia itu hanya punya satu kebutuhan yaitu penerimaan. Nah penerimaan ini adalah suatu hal yang bisa membuat manusia selalu semangat hidup. Nah kamu nih yang tidak percaya diri sayangnya, mohon maaf kamu terlalu banyak penolakan dibandingkan penerimaan dalam hidup kamu.

Contohnya ada orang yang dibesarkan keluarga yang mana keluarganya itu sendiripun kurang bisa menghargai kamu sebagai anaknya. Kamu melakukan sesuatu kayaknya salah terus, kamu melakukan sebuah kreasi kurang dihargai sampai kamu merasa "Kok aku ditolak mulu ya" Udah ditolak sama keluarga, di luar sana di pergaulan kamu berteman juga dengan orang orang yang kerjaannya ngeledek kamu, ngebully kamu.

Jadi, terlalu banyak penolakan di dalam hidup kamu, akibatnya kamu tidak percaya sampai akhirnya diri kamu bertanya "Sebenarnya aku berharga tidak ya hidup di dunia ini?", "Ada gunanya ga si aku buat mereka?", "Ada manfaatnya ga sih diri aku?", "Aku kok begini banget ya?" Itu tandanya kamu sudah mulai tidak percaya lagi bahwa diri kamu ini bisa diterima oleh orang orang di sekitar kamu.

Orang yang tidak percaya diri itu pada dasarnya adalah orang yang dia tidak percaya lagi bahwa dirinya tuh bisa diterima orang, orang itu sudah tidak percaya lagi bahwa dirinya itu berharga untuk hidup. Nah sekarang saya tanya kamu capek ya? kamu udah lelah ya menahan itu semua?

Nah teman-teman tenang saja, saya pun pernah diposisi kamu, saya pun paham betul gak enaknya rasa yang kamu rasakan sekarang ini. Sekarang kita langsung praktikkan yuk bagaimana caranya saya untuk mengobati rasa minder saya menjadi rasa percaya diri.

Praktiknya adalah begini untuk bisa menjadi percaya diri, kamu itu cuman butuh satu hal, hal itu adalah bukti. Orang kalau udah memiliki bukti bahwa dirinya itu berharga dia pasti percaya diri. Kamu nih jadi tidak percaya diri karena kamu tidak punya bukti bahwa diri kamu berharga. Yang ada dikepala kamu justru bukti buktinya kebanyakan menunjukkan bahwa kamu tuh tidak berharga.

Coba sekarang inget, kapan terakhir kali kamu mendapat pujian? susah ya jawabnya? ya jelas susah karena kamu minder. Nah sekarang saya tanya balik kapan terakhir kali kamu diledekin orang, dipandang rendah sama orang, tidak dihargai orang? Wih cepat banget kayaknya langsung muncul di otak. Nah itu sebagai bukti bahwa diri kamu nih jadi minder karena diotak kamu kebanyakan bukti yang salah yaitu bukti yang menunjukkan bahwa kamu tidak berharga.

Sekarang praktiknya kita balik, memberikan kamu bukti nyata bahwa kamu itu berharga. Caranya gini nih, sekarang kamu cari buku tulis kosong, tidak perduli sejelek apa sebagus apa yang penting buku itu bisa kamu pake selama lamanya. Buku ini yang akan menjadi buku kesayangan kamu dan akan menjadi buku yang paling sering kamu baca.

Buku tulis ini adalah buku yang akan kita pakai teman teman untuk menulis bukti bukti nyata bahwa diri kamu itu berharga loh. Jadi gini, sekarang kamu ambil alat tulis, kamu tulis judul. Judulnya "Bukti Bahwa Diriku Berharga". Buku ini semacam buku diary kamu yang akan saya suruh kamu untuk rutin mengisinya setiap hari, apa yang kita tulis? yang kita tulis bukti bahwa diri kamu berharga. Cara cari buktinya gimana?

Nah caranya seperti ini, kamu harus mulai duluan didalam membuka pembicaraan. Ini sebuah teknik yang bisa merubah hidup saya loh, dulu saya juga orangnya sama kaya kamu pemalu segala macam. Tapi begitu saya mulai teknik ini, teknik mulai duluan semuanya berubah. Nah caranya gini, setiap kali kamu lagi diluar rumah, setiap kali kamu sedang menghadapi situasi dimana ada manusia di situ, mulai saat ini belajarlah mulai duluan untuk membuka pembicaraan.

Contohnya seperti ini, siapapun orang itu kita tidak usah memandang dia kerjanya apa, orangnya bagaimana, kita ajak ngobrol aja misalnya nih "Pak cuacanya panas banget ya hari ini tumben" sekedar gitu aja teman teman nanti dari situ orang itu akan membalas pembicaraan kita dengan balasan balasan yang membuat kita jadi merasa "ih ko bisa ya dia membalas ucapan saya?" Sekadar dibalas ucapan doang teman teman bagi kamu yang kurang percaya diri, balasan ucapan dari orang lain itu berharga loh!

Coba kamu bayangin deh, kamu ngomong nih dengan orang, orang ngerespon omongan kamu, kamu yang minder sekarang rasanya jadi enak tidak dadanya? Nah itu yang harus kamu latih dan kamu catat dibuku tadi. Setiap ada penghargaan dari orang lain yang kecil sekecil-kecilnya pun kamu catat.

Contoh kamu sedang naik bst dan disamping kamu ada seorang ibu, lalu kamu memulai membuka pembicaraan sekedar "mau kemana ibu?" dan ibu itu merespons kamu, catat itu di buku seperti ini, saya direspons dengan baik di bst oleh orang yang tidak saya kenal catat ya! Itu dari hal kecil apalagi ada hal hal besar. Setiap penghargaan yang kamu dapatkan karena kamu mulai duluan dalam segala hal catat penghargaannya di setiap saat setiap hari.

Nah kebiasaan mulai duluan ini, mencatat penghargaan penghargaan dari mereka coba kamu lakukan ini setiap hari selama satu bulan deh. Nanti nih kalau selama satu bulan kamu terbiasa mulai duluan, kamu akan merasa bahwa kalau tidak memulai pembicaraan duluan rasanya gaenak gitu, kayaknya kalau diem-dieman gaenak sekarang. Nah itu dia teman teman gimana? Masuk akal kan?

Jika kamu merasa ditolak, tidak apa apa ditolak maju lagi, mulai duluan lagi sama orang lain. Percaya atau tidak di dunia ini sebenarnya lebih banyak orang yang menerima kita loh daripada menolak kita, hanya saja kamu tidak memberi kesempatan kepada mereka untuk hadir dalam hidup kamu karena belum apa-apa kamu udah menutup diri. Sekarang diubah ya, dari situ kamu akan terbangun rasa percaya diri bahwa kamu berharga. Dan ingat, kamu catat segala bentuk penghargaan dan penerimaan yang kamu terima dihari itu.

Mulai dari balasan balasan yang kecil sekedar senyuman balik, atau mungkin balasan ucapan yang kamu tanyakan, mulai dari pembicaraan asik dari orang yang tidak kamu kenal, mulai dari pujian-pujian hebat kamu catat semuanya dibuku tadi. Tugas berikutnya, setiap malam kamu baca itu buku. Dari situ kamu akan merasa "eh iya ya ternyata diri saya berharga loh! ternyata diri saya bisa diterima orang juga dan ini ada buktinya saya tulis dan saya alami". Itu loh teman-teman cara yang paling masuk akal untuk membuat kamu percaya diri.

Sekian tips dari saya semoga membantu dan jangan lupa praktikkan lalu lihat perubahan yang akan datang, semangat.

Posting Komentar

0 Komentar