Menjaga Tubuh Tetap Sehat Saat Tugas Menumpuk


 

GHIRAHBELAJAR.COM, Oleh Hana Pratiwi, Mahasiswa Prodi Perpustakaan Universitas Sebelas Maret

Saat tugas yang kamu terima dari dosen terlalu banyak, kadang rasanya ingin sekali menangis bahkan ada nih yang dikerjakan dengan sistem kebut semalam. Bagi mahasiswa, mendapatkan tugas yang banyak itu adalah hal yang wajar tetapi tidak menutup kemungkinan banyak mahasiswa yang mengeluh, apalagi tugas itu memiliki waktu pengerjaan yang terbatas dan membuat kita akan semakin panik. 

Tugas yang banyak dan waktu pengerjaan yang terbatas sering sekali membuat para mahasiswa menggunakan cara yaitu sistem kebut semalam, dengan sistem itu membuat para mahasiswa bahkan kita sendiri pun sering begadang, lupa waktu makan, memiliki jam tidur yang berantakan, hal itu dapat menimbulkan beberapa risiko terhadap kesehatan kita. Berikut ini beberapa cara dan kegiatan untuk menjaga tubuhmu tetap sehat!

1. Jangan Lupakan Waktu Makan

Disaat sedang fokus mengerjakan tugas, sering sekali kita melupakan waktu makan. Makan yang teratur membuat asupan gizi dapat terpenuhi secara baik. Waktu makan tidak akan membuat tugasmu terlupakan, justru dengan kita makan akan menjaga kosentrasi saat belajar. Kosentrasi saat belajar sangat diperlukan agar tugas yang kita kerjakan dapat selesai dengan cepat sehingga tugas yang awalnya sangat banyak dapat terselesaikan sedikit demi sedikit, serta tidak akan menjadi beban pikiran. Makanan yang kita pilih haruslah seimbang, jangan memilih makanan yang asal kenyang.

Baca Juga: Cara Jitu Selesaikan Tugas yang Menumpuk  


2. Rajin Minum Air Putih

Sering sekali terjadi ketika merasakan tubuh yang lemas serta kurang fokus dikarenakan lupa untuk minum air putih. Memperbanyak minum air putih membuat kita terhindar dari dehidrasi. Sering sekali kita menyepelekan minum air putih, padahal air putih juga sangat diperlukan untuk mencegah berbagai resiko kesehatan yang timbul. Sama dengan hal nya makanan, memeperbanyak minum air putih juga mejaga kosentrasi kita dalam mengerjakan tugas yang menumpuk.

3. Kerjakan Tugas Lebih Awal

Para mahasiswa biasanya memiliki waktu senggang seperti dihari libur bahkan disaat dosen mata kuliah tidak hadir untuk mengisi, mahasiswa lebih memilih mengobrol atau bahkan pergi ke kantin daripada memilih mengerjakan tugas. Sering sekali menyepelekan waktu senggang membuat tugas semakin menumpuk bahkan yang lebih parahnya lagi tidak mengumpulkan tugas tersebut sesuai batas waktu pengerjaan. 

Baca Juga: 7 Tips Agar Lulus Ujian Psikotes


Kebiasaan menunda akan membuat tugas kita semakin menumpuk. Jika kita memiliki kebiasaan seperti itu usahakan paksa diri kita sendiri untuk mengerjakan tugas. Mengerjakan tugas lebih awal juga membuat diri kita terhindar dari yang namanya begadang, sehingga waktu tidur tidak akan terganggu dan membuat kita tidak kelelahan saat melakukan aktivitas di pagi harinya.

4. Lakukan Olahraga Ringan

Terkadang kita mengerjakan tugas sampai berjam jam sehingga membuat kaki kita merasa sakit bahkan pegal-pegal dikarenakan sudah terlalu lama duduk saat sedang mengerjakan tugas. Olahraga ini buakn termasuk dalam kategori olahraga berat melainkan olahraga yang ringan. Beberapa contoh olahraga ringan seperti merenggangkan kedua tangan dan kaki, berjalan mengelilingi rumah, baringkan tubuh anda dikasur, senam kecil dan lain sebagainya. Olahraga ini dapat membantu peredaran darah menuju ke otak lancar.

Nah gimana nih dengan beberapa kegiatan yang sudah dijelaskan tadi? Apakah kamu sering melakukan hal tersebut atau belum pernah melakukan hal itu? Mengerjakan tugas dengan sistem kebut semalam membuat diri kita mudah merasakan kelelahan, sebaiknya kerjakan tugas anda dengan sistem mencicil. Sistem mencicil membantu anda dalam menyelesaikan beberapa tugas yang menumpuk sehingga kesehatan diri kita pun masih tetap terjaga. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan kerjakan tugas dengan sebaik mungkin.

Posting Komentar

0 Komentar