Mahasiswa PGSD UHAMKA Melakukan Pengenalan Lapangan Persekolahan 2 di SDN Batu Ampar 02


GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA - Dalam rangka meningkatkan kualitas diri seorang pendidik, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka mengadakan progam pengenalan lapangan persekolahan 2 (PLP 2). Program ini merupakan salah satu mata kuliah wajib lulus yang dilaksanakan untuk memenuhi program sarjana pendidikan pada semester VII.

Program ini bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, mempraktikkan, dan mengetahui kondisi serta pengorganisasian yang ada di sekolah sehingga mahasiswa dapat mempersiapkan diri untuk menjadi guru yang berkualitas dari segi pedagogic, sosial, kepribadian dan profesional.

Kelompok yang dibimbing oleh Prima Mutia Sari, M.Pd beranggotakan M Daffa Rizyanto, Denanda Aprilia, Rahma Sari Nurbachria, Rahma Aulia Azzahra, Meiva Dwi Harlin, Putri Chairunnisa, Chairunnisa Maydayanti, dan M Rifqi Rafsanjani melaksanakan PLP 2 pada 10 Oktober-12 Desember 2022.

Prima Mutia Sari, M.Pd selaku dosen pembimbing mengatakan, mahasiswa yang mengikuti kegiatan PLP 2 ini diharapkan dapat mengikutinya dengan baik. "Serta dapat mengikuti seluruh kegiatan di sekolah baik akademik maupun nonakademik selama kegiatan PLP 2 berlangsung," ujarnya.

Pelaksanaan PLP 2 kelompok 13 dilaksanakan di SDN Batu Ampar 02 pagi yang terletak di Jl. Batu Ampar III Rt. 009/003 No.2, Kel. Batu Ampar Kec. Kramat Jati, Jakarta Timur. SDN Batu Ampar 02 memiliki 20 rombongan belajar (rombel). Pembelajaran dilakukan selama lima hari, mulai dari Senin hingga Jumat dan terbagi menjadi kelas pagi untuk kelas 1, 2, 4, 5, 6, dan kelas siang untuk kelas 3.

Setiap harinya sebelum memasuki kelas, terdapat pembiasaan yang dilakukan, seperti hari Senin (Upacara bendera), Selasa (Senam Pagi), Rabu (Pramuka), Kamis (Pembiasaan Pagi), Jumat (Shalawat dan Shalat Dhuha).

Sarana dan prasarana yang terapat di SDN Batu Ampar 02 Pagi, yakni ruang kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah, ruang TU, perpustakaan toilet, mushala, kantin, gudang, dan UKS. SDN Batu Ampar 02 pun memiliki berbagai ekstrakulikuler yang mewadahi siswanya untuk aktif seperti basket, voli, futsal, tari tradisional, pramuka, hadrah, kriket, drumband dan lainnya sebagainya.

“Di sini SDN Batu Ampar memiliki kegiatan positif bank sampah di mana anak-anak setiap kamis membawa sampah yang dapat di daur ulang seperti botol bekas, kardus bekas dan lainnya yang nantinya didata dan dapat dijual, lalu uang hasilnya masuk kedalam uang kas kelas mereka masing-masing,” ujar salah satu mahasiswa.


Mahasiswa juga bersama-sama membantu dan mengikuti kegiatan yang diadakan oleh SDN Batu Ampar, seperti Hari Pahlawan, Hari Guru dengan mahasiswa menjadi petugas upacara memperingati hari guru, serta kegiatan Perjusa acara Pramuka penggalang.

Dari banyaknya kegiatan sekolah menjadikan mahasiswa lebih aktif dan mengambil banyak pembelajaran untuk ke depannya.

Achmad Dasuki, S.Pd., guru pamong kelompok 13 sekaligus wali kelas VB SDN Batu Ampar 02 Pagi menuturkan bahwa, program PLP 2 UHAMKA sangat baik karena mahasiswa melakukan praktik secara langsung baik didalam proses pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Selain itu, kata dia, mahasiswa yang melaksanakan PLP 2 di SDN Batu Ampar 02 Pagi juga sangat membantu dalam kegiatan sekolah.

“Tetaplah memberikan yang terbaik dalam setiap kesempatan, jangan pernah bosan untuk belajar dan teruslah belajar, karena menjadi seorang guru tidak boleh berhenti belajar," ujarnya.

Dalam pelaksanaan PLP 2 menjadi tantangan tersendiri bagi kami para calon guru untuk dapat mengembangkan jati diri sebagai pendidik yang profesional sesuai bidang studi, baik pendidikan akademik maupun nonakademik serta memantapkan kemampuan awal dalam menelaah dan merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Untuk itu, para mahasiswa PLP 2 kelompok 13 mengaku selalu memberikan yang terbaik di setiap proses pembelajaran agar para siswa/siswi SDN Batu Ampar 02 Pagi lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran.

Posting Komentar

0 Komentar