Uhamka Gelar Edukasi tentang Bahaya Rokok Elektrik


GHIRAHBELAJAR.COM, BOGOR – Tim Hibah PKM Terintegrasi dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berbasis Kinerja Indikator Kinerja Utama (IKU) tahun 2022 dari Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA (Uhamka) melakukan kegiatan edukasi terkait bahasan rokok elektrik (vape). Agenda pengabdian masyarakat bertema “Peningkatan Pemahaman Bahaya Rokok Elektrik Sebagai Gaya Hidup Vaping” ini berlangsung pada 9, 16, dan 17 Desember 2022.

Menurut Ketua Tim Pengabdian Uhamka, Dr. Novi Andayani Praptiningsih, M.Si., kegiatan bagi para pengurus dan kader PC IPM (Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah) Cileungsi Bogor ini bertujuan agar para pengurus dan kader bisa menjadi agent of change dalam mengantisipasi secara cerdas agar tak terperangkap gaya hidup nge-vape yang sedang tren di kalangan milenial ini.

Novi menjelaskan, tujuan kegiatan ini adalah: Pertama, memberikan edukasi tentang bahaya merokok elektrik karena kandungan zat kimia. Kedua, memberikan pemahaman dan kesadaran mengenai upaya mencegah penyakit yang ditimbulkan akibat merokok elektrik. Ketiga, mendeklarasikan duta (brand ambassador) untuk melakukan gerakan anti perilaku merokok elektrik sebagai gaya hidup vaping.

“Pendekatan yang digunakan adalah dengan melibatkan kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah Cileungsi sebagai partisipan aktif selama kegiatan berlangsung. Keterlibatan mitra yang diutamakan melalui partisipasi dalam bentuk diskusi, praktik mengedukasi, serta menjadi agen yang dapat mempersuasi kesadaran pentingnya mengetahui dan memahami jenis, dampak dan antisipasi pencegahan perilaku merokok elektrik sebagai gaya hidup vaping,” ujarnya kepada Ghirah Belajar, Selasa (20/12).

Sementara itu, anggota tim pengabdian Uhamka, Dr. Sarah Handayani, M.Kes., menyatakan bahwa mitra sasaran belum pernah memperoleh sosialisasi terkait pemahaman mengenai bahaya merokok elektrik serta dampak yang ditimbulkan. “Program Kemitraan Masyarakat ini berjalan lancar sesuai dengan rencana yang telah disusun,” ungkapnya.


 

Kegiatan ini dihadiri Dr. Gufron Amirullah, M.Pd. selaku ketua LPPM Uhamka. Selain itu, kegiatan yang juga didukung Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PK IMM) M Yazid Kurnia ini mendapat sambutan sangat baik. Hal itu terbukti dengan keaktifan peserta mengikuti serangkaian kegiatan dengan konsisten dan antusias. Peserta juga telah menunjukkan perubahan positif dengan lebih proaktif dan reaktif terkait adanya peningkatan pemahaman bahaya rokok elektrik. (sho)

Posting Komentar

0 Komentar