Penguatan Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Metode Phonics


GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA – Dosen Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menggelar Program Kegiatan Masyarakat (PKM). Kegiatan PKM kali ini ialah berupa pelatihan dan penguatan pembelajaran bahasa Inggris dengan metode Phonics. Pelatihan dan penguatan pembelajaran bahasa Inggris menggunakan metode Phonics ini digelar di SD Islam Muhammadiyah 28, Jakarta.

Metode Phonics adalah suatu cara mengajarkan membaca, dengan pola ejaan atau lafal bahasa Inggris, secara aktif dan menyenangkan sambil bernyanyi sehingga anak cepat menguasai. Dosen dan ketua tim PKM Uhamka, Dr. Ir. Sintha Wahjusaputri, M.M, mengatakan bahwa metode Phonics ini sangat efektif bagi peserta didik tingkat sekolah dasar kelas 1 agar senang berbahasa Inggris.

PKM ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam membaca dan menulis, juga menyimak dan berbicara. “Bercerita dengan menggunakan bahasa Inggris sangat membantu peserta didik untuk menambah kosakata dan meningkatkan komunikasi dengan berbahasa Inggris,” ujar Dr. Ir Sintha Wahjusaputri, M.M.


 

Metode Phonics diharapkan bisa bervariasi agar mengakomodasi seluruh aspek kemampuan berbahasa peserta didik SD Islam Muhammadiyah 28 Jakarta Selatan. Aspek tersebut, yakni listening (mendengar), speaking (membaca), reading (membaca), dan writing (menulis) dan mampu menerapkannya dalam aktivitas nyata. Dr. Ir. Sintha Wahjusaputri, M.M menjelaskan, metode Phonics dapat menggunakan kartu-kartu huruf sambil mengucapkannya. Pengenalan bentuk huruf, pengenalan unsur-unsur linguistik, frase, pola klausa, kalimat, dan lain-lain merupakan aspek dari membaca permulaan.

Kegiatan ini dihadiri sebanyak 10 peserta didik kelas 1 (umur 7-8 tahun). Kemudian dibantu oleh dosen Uhamka, Dr. Mohammad Arifin Rahmanto sebagai anggota serta mahasiswa Pascasarjana Uhamka sebagai pendamping kegiatan, Dewi Zulviani, S.Pd. Selain itu, hadir pula Kepala SD Islam Muhammadiyah 28 Jakarta, Ernawati, S.Ag., S.Pd dan guru pendamping, Andy Dessy Prima Dini, S.Pd.




Posting Komentar

0 Komentar