Tim Pengabdian Uhamka Gelar Pelatihan Permainan Al-Ab Lughowi



GHIRAHBELAJAR.COM, DEPOK – Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka (Uhamka) yang terdiri atas dosen, mahasiswa, dan para praktisi bidang pengajaran memberikan pelatihan kepada para guru TK ABA (Aisyiyah Bustanul Athfal) se-Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, khususnya dalam mengembangkan permainan bahasa Arab untuk anak-anak TK, Rabu (21/12).

TIM Pengmas Uhamka menghadirkan berbagai permainan bahasa Arab khususnya yang bisa dipakai di tingkatan anak-anak TK, pelatihan guru-guru TK ABA ini dihadirkan oleh pemateri-pemateri yang kompeten di bidangnya. Di antaranya, Miatin Rachmawati sebagai ketua pengabdian dan juga pemteri utama dalam pelatihan ini, juga para dosen tetap dan mahasiswa Uhamka yang berpartisipasi dalam pengabdian ini.

Dra. Siti Wastiyah selaku ketua Pimpinan Ranting Aisiyah Mekarjaya mengakui bahwa para guru TK ABA ini membutuhkan penyegaran pelatihan dalam pengajaran, khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab setelah Pandemi saat ini. “Karena kita tahu anak-anak sudah lama tidak belajar offline apalagi anak TK, pun guru-gurunya juga terlalu lama dengan pembelajaran online oleh karena itu, pelatihan sangat membantu para guru-guru dalam proses KBM di kelas,” jelasnya dalam rilis kepada GhirahBelajar, Senin (2/1).

Pelatihan Al-Ab Lughowi yang Variatif


Dalam kegiatan pengabdian ini, para narasumber memberikan bimbingan tentang permainan bahasa Arab karena seyogianya sebuah permainan khususnya bahasa Arab, suatu aktivitas yang memiliki aturan tujuan, dan mengandung unsur hiburan yang menyenangkan, khususnya bagi anak TK. Miatin Rachmawati mengungkapkan, melalui permainan, seorang siswa akan belajar banyak mengenai kehidupan dalam proses belajar mandiri, serta berani bersaing dan bersosialisasi juga mempunyai jiwa kepemimpinan dan lebih percaya diri, khususnya untuk anak-anak TK.

Adapun tujuan inti dari kegiatan pelatihan ini, ujar Miatin, agar guru mempunyai kompetensi dalam menghilangkan kejenuhan dan kebosanan peserta didik, serta dapat menyingkirkan keseriusan yang bisa menghambat proses pembelajaran dan juga mengajak keterlibatan para peserta didik dalam proses pembelajaran. “Manfaat lain yang dihadirkan dalam permainan bahasa khususnya bahasa Arab adalah untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik juga dapat Membangun kreativitas serta Mampu melakukan kerjasama kepada peserta didik,” kata Miatin Rachmawati, Senin (2/1).

Pelatihan yang diadakan pada Rabu, 21 Desember 2022, ini sangat menyenangkan dan memberikan pengetahuan yang baru khususnya bagi kita para guru-guru TK ABA. “Pelatihan permainan bahasa arab ini sangat menyenangkan, selaina penyampaianya jelas dan cara memberikna contoh permainan juga mudah difahami, apalagi kita langsung disuruh main ular tangga bahasa Arab,” tutur Ami, guru TK ABA.

Selain itu, pengalaman juga disampaikan oleh Aminatuzahriyah, yang merasa senang dengan pelatihan ini. ”Seneng banget bisa langsung ikut bermianan dalam pelatihan ini, dan bisa langsung dipraktikkan nanti saat ngajar, karena media yang akan dipakai dalam permainan juga tidak susah dalam membuatnya, seneng pokoknya,” ujarnya jelas.

 

Posting Komentar

0 Komentar