Buya Hamka, Ulama Besar Indonesia


 
GHIRAHBELAJAR.COM - Buya Hamka atau nama lengkapnya Haji Abdul Malik Karim Amrullah adalah seorang ulama besar Indonesia yang memiliki pengaruh besar dalam bidang keagamaan dan sastra. Ia lahir pada tanggal 17 Februari 1908 di Kampung Molek, Sungai Batang, Tanjung Raya, Agam, Sumatera Barat dan wafat pada tanggal 24 Juli 1981 di Jakarta pada usia 73 tahun. Berikut ini adalah profil singkat tentang Buya Hamka.

Kehidupan Awal

Buya Hamka lahir dari keluarga petani yang sederhana. Ayahnya, Karim Amrullah, adalah seorang penghulu dan guru agama yang memberikan pendidikan agama kepada Hamka sejak usia dini. Hamka mulai belajar membaca Al-Quran pada usia 4 tahun dan kemudian melanjutkan pendidikannya di pesantren.

Karir sebagai Ulama dan Penulis

Buya Hamka merupakan seorang ulama yang memiliki pengaruh besar dalam bidang keagamaan dan sastra. Ia telah menulis lebih dari 100 buku, termasuk tafsir Al-Quran, hadits, sejarah Islam, dan novel. Karyanya yang terkenal antara lain Tafsir Al-Azhar dan Di Bawah Lindungan Ka'bah. Karyanya yang produktif dan berkualitas membuatnya dianggap sebagai tokoh sastra terbesar Indonesia.

Peran Politik

Selain berkarir sebagai ulama dan penulis, Buya Hamka juga terlibat dalam dunia politik Indonesia. Ia pernah menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Dewan Pertimbangan Agung (DPA) pada masa Orde Lama. Buya Hamka juga mendirikan Partai Persatuan Umat (PPU) pada tahun 1973.

Penghargaan dan Peninggalan

Karya Buya Hamka telah mendapat banyak penghargaan dan pengakuan, termasuk Anugerah Seni dari Pemerintah Indonesia dan penghargaan UNESCO untuk sastra Asia pada tahun 1971. Peninggalan Buya Hamka berupa buku-bukunya yang telah menjadi warisan kekayaan intelektual Indonesia.

Dalam rangka mengenang jasa Buya Hamka, beberapa lembaga dan universitas di Indonesia telah menamai bangunan dan gedung-gedung akademik dengan nama beliau. Selain itu, di kota Bukittinggi, Sumatera Barat juga didirikan museum yang berisi koleksi pribadi Buya Hamka dan peninggalannya.

Buya Hamka adalah seorang tokoh ulama besar Indonesia yang berpengaruh dalam bidang keagamaan, sastra, dan politik. Karyanya yang produktif dan berkualitas telah menjadikannya sebagai tokoh sastra terbesar Indonesia. Penghargaan dan peninggalan Buya Hamka juga menjadi bukti pengakuan atas jasa beliau dalam perkembangan kebudayaan dan keagamaan di Indonesia.

Posting Komentar

0 Komentar