Tips Sehat Minum Kopi, Baiknya Berapa Kali dalam Sehari?


GHIRAHBELAJAR.COM - Minum kopi sudah menjadi kebiasaan yang sulit dilepaskan bagi sebagian orang pada masa sekarang ini. Apalagi, saat ini, tren meminum kopi atau ngopi sambil nongkrong, ngobrol, atau bekerja di kedai atau kafe sudah semakin tinggi. Dampak buruknya apa? Ya tentu saja, mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat berpotensi menjadi penyakit bagi tubuh.

Memang baiknya berapa kali sih minum kopi per hari? Apakah minum kopi tiga gelas sehari sudah termasuk berlebihan? Nah, bila kamu termasuk pencinta kopi, ada baiknya mulai mengukur dan membatasi konsumsi kopi harian sesuai dengan batas kebutuhan. Berikut adalah fakta yang perlu kamu ketahui sekaligus tips sehat minum kopi.

Dalam seduhan kopi terkandung kafein. Kandungan inilah yang kerap dihubungkan dengan upaya untuk menahan ngantuk. Sehingga, banyak orang yang mencoba menahan ngantuk dengan meminum kopi. Tentu hal ini ada benarnya.

Laman HalloSehat menyebutkan bahwa mengonsumsi kafein dapat membangkitkan semangat dan membuat kita lebih fokus. Namun, ada kondisi-kondisi tertentu yang membuat tubuh kita kadang memiliki batas maksimal mengonsumsi kafein.

Mayo Clinic melakukan riset tentang hal ini. Ini juga bisa jadi jawaban buat kita yang masih ragu mengenai jumlah maksimal minum kopi per harinya. Hasil riset itu adalah batas konsumsi kafein yang aman untuk orang dewasa maksimal 400 miligram (mg). Bila secangkir kopi mengandung 100 mg kafein, maka batas maksimal meminum kopi dalam sehari adalah empat cangkir saja.

Namun, hal itu tidak berlaku bagi ibu hamil, ibu menyusui, atau anak-anak. Tentu saja, minum kopi boleh bagi ibu-ibu yang sedang menyusui ataupun hamil dengan batas aman maksimal 2 gelas saja dalam sehari. Namun, akan lebih baik lagi bila mengonsumsi kopi lebih jarang dan lebih banyak mengonsumsi makanan dan minuman bergizi.

Tips Sehat Minum Kopi

Beberapa pertimbangan untuk membatasi meminum kopi antara lain, kondisi kesehatan, faktor kebutuhan tubuh, pola makan dan pola istirahat. Setiap orang yang suka minum kopi umumnya juga suka begadang dan kerap memiliki pola makan tidak teratur.

Ini berbahaya karena bisa mengundang penyakit, mulai dari masalah pencernaan, asam lambung, hingga terkena sakit kepala. Namun, kamu bisa mengikuti tips ini untuk tetap bisa minum kopi dan tetap menjaga kesehatan tubuh.

  1. Pilih kopi yang alami. Banyak yang mengeklaim kopi padahal sebenarnya hanya bubuk instan rasa kopi. Nah, beda antara kopi alami dengan kopi buatan. Lebih aman tentunya bila kita mengonsumsi kopi alami yang ditumbuk atau digiling dari biji kopi asli.
  2. Jangan terlalu banyak gula. Gula terlalu banyak bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Namun, bila tetap mau kopi manis, kita bisa memilih menggunakan gula secukupnya. Untuk merasakan sensasi yang berbeda, kamu bisa gunakan gula jawa sebagai pengganti gula pasir.
  3. Minumlah kopi di jam-jam tertentu. Baiknya minum kopi di pagi hari setelah sarapan dan di atas enam jam sebelum tidur. Konsumsi kafein pada jarak enam jam sebelum tidur, dapat mengganggu pola tidur kita lho dan ini berbahaya buat kesehatan.
  4. Hindari menggunakan krimer buatan. Krimer memang membuat rasa kopi lebih enak, tetapi kita harus menghindari penggunaan krimer buatan. Pilihlah krimer alami yang lebih bermanfaat bagi tubuh kita.
  5. Jangan minum kopi sambil merokok. Rokok mengandung tar yang berbahaya bagi tubuh. Meskipun tidak ada hubungannya dengan kopi, kebiasaan ngopi sambil merokok adalah kebiasaan buruk yang dalam jangka panjang bisa menjadi masalah kesehatan serius.

Nah, dengan tips di atas, kita dapat menjaga kesehatan tubuh. Di sisi lain, juga bisa tetap ngopi yang pasti sesuai takaran dan kebutuhan tubuh. Salam sehat!

Info Penerbitan Buku: 087789272795 (Penerbit Irfani)


Posting Komentar

0 Komentar