MGBK SMA Kota Tangerang Perkuat Fungsi Guru BK



GHIRAHBELAJAR.COM, TANGERANG - Peran guru BK sangatlah penting di dunia pendidikan. Guru BK sangat dibutuhkan dalam menjaga perkembangan siswa ke arah yang positif. Hal ini menjadi perhatian Musyarawah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) SMA Tangerang yang menggelar pertemuan pada Rabu 13 September 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh KCD, pengawas, ketua MKKS, serta kepala sekolah.

Pengawas MGBK SMA Kota Tangerang, Dr. Hikmat, M.Pd., mengatakan bahwa guru BK adalah guru yang sangat dibutuhkan di sekolah untuk membimbing siswa dalam seni mental dan karakter. "Guru BK juga diperlukan untuk memberikan motivasi terhadap siswa. Pemberian motivasi tidak hanya pada siswa yang berprestasi saja, terhadap siswa yang medium di tengah-tengah apalagi terhadap siswa yang low itu baik pengetahuannya ataupun mentalnya guru BK harus banyak berkiprah," ujarnya.

Oleh karena itu, Dr. Hikmat berharap guru BK selalu update terhadap perubahan dan ilmu yang berkembang. "Serta diperlukan wadah untuk berkumpul seperti sekarang ini MGBK yang dapat saling memberikan informasi serta masukan untuk perkembangan keilmuan," tuturnya.

KCD Kota Tangerang dan Tangerang Selatan, Teguh Setiawan, mengungkapkan, kegiatan MGBK sangat bagus sekali. Dia berharap program dan kegiatan khususnya yang ada di MGBK terus berlanjut karena ini kegiatan yang sangat penting untuk menambah wawasan, khususnya bagi guru-guru BK yang ada di Kota Tangerang.

"Diharapkan bahwa guru BK akan mempunyai fungsi yang sentral di sekolah yang bisa memberikan informasi yang lebih baik kepada siswa terkait dengan program penjurusan, konseling tentang pendidikan, termasuk dengan permasalahan-permasalahan yang dihadapi siswa dapat diselesaikan oleh keberadaan guru BK," ungkapnya.

Teguh meneruskan, mudah-mudahan guru BK juga bisa memberikan masukan yang bagus dalam rangka untuk menunjang perbaikan pendidikan yang ada di Indonesia khususnya di Kota Tangerang.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua MKKS SMA Kota Tangerang, Asril, menyatakan MGBK ini luar biasa sebagai organisasi profesi bagi MKKS maupun MGBK kepanjangan tangan dari implementasi program kurikulum pusat.

"Kita betul-betul harus berkolaborasi, contohnya teman-teman BK pada hari ini mengadakan kegiatan dalam rangka mengoptimalkan profesionalisme sebagai guru BK sekaligus pelayanan paripurna kepada peserta didik kita dalam rangka meningkatkan prestasi akademis maupun nonakademis siswa yang kita asuh. Sekali lagi, MKKS memberikan apresiasi yang luar biasa pada MGBK, maju terus tumbuh kembang terus meningkatkan semangat pengabdian" ujarnya.

Kepala Sekolah Yuspitek 1, Nardi, mengatakan, Komunitas belajar antarsekolah sangat penting untuk implementasi Kurikulum Merdeka, yang pembelajarannya akan berpusat kepada siswa.

"Dan ini sangat penting sekali bagi peranan BK di sini pada kesempatan ini saya mengharapkan masing-masing bisa membagikan praktik baik di tempat masing-masing, sehingga semua guru BK kita bisa mengimplementasikan kurikulum merdeka di sekolah masing-masing dengan baik," ungkap Nardi selaku kepala Sekolah Yupentek 1.

Posting Komentar

0 Komentar