Tingkatkan Kompetensi Guru dengan Workshop Pembelajaran Berbasis WordWall


GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA – Sejak meluasnya wabah Covid-19 di Indonesia, seluruh kegiatan masyarakat mengalami perubahan. Hal ini juga terjadi dalam bidang pendidikan yang menuntut adanya inovasi dan adaptasi dalam pelaksanaan berbagai kegiatan, seperti kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL). 

Sejumlah mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA yang tergabung dalam kelompok 3 melaksanakan PKL yang berbeda dari tahun sebelumnya. Karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan. Kegiatan ini dimulai dari tanggal 14 Maret sampai 25 Maret 2022, yang bertujuan untuk menciptakan sikap dan rasa peduli mahasiswa terhadap masyarakat sekitar. 

Baca Juga: Segera Hadir! Anak Bajang Mengayun Bulan, Novel Baru Sindhunata


PKL ini mengusung tema “Sosialisasi Media Pembelajaran bagi Guru serta Edukasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Kegiatan Calistung bagi Anak-anak dan Masyarakat”. Kegiatan ini dibimbing oleh Dosen Pembimbing, Sri Lestari Handayani, M.Pd. 

Sebanyak 10 mahasiswa terlibat dalam kegiatam PKL ini, di antaranya M. Ramadhani Hidayat selaku ketua kelompok serta anggota kelompok yang terdiri atas Izzah Salsabila, Syipa Rodiatul Zannah, Farah Azizah, Ilma Amanatul Hayati, Allifya Silvi, Darma Aprianto, Putri Tajul Hayah, Winda Putri Sakinah, dan Muhaimin.

  

Kelompok 3 PKL Uhamka memilih dua tempat untuk melaksanakan agendanya, yaitu SDN Cipinang Besar Utara 09 Pagi yang beralamat di Jl. Cipinang Latihan No. 6, Cipinang Besar Utara, Kec. Jatinegara, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Kemudian, tempat kedua, yakni RPTRA Cibesut di Jalan Swadaya II RT 06/RW 014 Kelurahan Cibesut, Kecamatan Jatinegara. 

“Kegiatan PKL kelompok 3 mengusung bidang kemasyarakatan serta sosialisasi di sekolah. Kegiatan ini diawali dengan survei lapangan dan dapat disimpulkan bahwa di sekitar lokasi RPTRA belum terdapat himbauan dalam bentuk spanduk GERMAS tentang pencegahan Covid-19. Selain itu, tidak banyak guru di sekolah tersebut yang sudah atau mengenal tentang media pembelajaran berbasis WordWall,” ujar Darma dalam keterangan kepada GhirahBelajar.com, Kamis (31/3). 

Baca Juga: Menjelajah Pemikiran Tokoh PAUD Barat, Islam, dan Nasional


Darma menjelaskan, pemasangan Spanduk dilakukan di tiga tempat, yaitu wilayah RPTRA, Kelurahan Cipinang Besar Utara, dan di lingkungan sekolah. Pemasangan Spanduk ini bertujuan agar masyarakat dapat mengingat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Selanjutnya, kata dia, mahasiswa membuat kegiatan Calistung untuk anak-anak sekitar RPTRA serta bergotong royong dalam bentuk penghijauan di wilayah RPTRA dan kelurahan. 

Untuk kegiatan di sekolah, dia menjelaskan, pihaknya menyelenggarakan Workshop untuk guru SDN Cipinang Besar Utara 09 Pagi tentang media pembelajaran WordWall dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru. 

Baca Juga: Pentingnya Attitude dalam Kehidupan


“Dengan kegiatan PKL ini diharapkan, masyarakat dapat meningkatkan kesadaran untuk selalu mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 serta membentuk mahasiswa untuk memiliki jiwa kepedulian terhadap sesama,” ungkapnya.




 

Posting Komentar

0 Komentar