Workshop Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah bagi Guru Fisika


GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA – Misi bangsa Indonesia antara lain menetapkan bahwa sistem dan iklim pendidikan nasional yang demokratis dan bermutu. Hal itu guna memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, berdisiplin dan bertanggung jawab, berteknologi dalam rangka mengembangkan kualitas manusia Indonesia.

Pengembangan profesi guru adalah kegiatan guru dalam rangka pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan utuk peningkatan mutu baik bagi proses belajar dan mengajar serta profesionalisme tenaga kependidikan lainnya. Maupun, dalam rangka menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pendidikan dan kebudayaan.

Pengembangan Profesi Guru


Adapun kegiatan pengembangan profesi yang dimaksud, di antaranya membuat karya tulis/karya ilmiah di bidang pendidikan, menemukan teknologi di bidang pendidikan, membuat alat pelajaran/alat peraga atau alat bimbingan, menciptakan karya tulis ilmiah, dan mengikuti kegiatan pengembangan kurikulum (Wahyuni dkk., t.t.). Maka, menulis karya ilmiah merupakan syarat mutlak bagi guru yang akan naik pangkat dan golongan tertentu.

Baca Juga: Literasi Pedagogik Itu Penting Bagi Guru  


Pelatihan difokuskan pada peningkatan kemauan dan kemampuan (motivasi) guru menulis karya tulis ilmiah berjenis makalah, diktat, modul dan penelitian tindakan kelas. Harapannya guru-guru menjadi produktif dalam menghasilkan karya tulis ilmiah (Munasir dkk., 2020).

Berdasarkan fakta inilah tim PKM Prodi Pendidikan Fisika yang didukung oleh LPPM Uhamka melakukan workshop penulisan artikel ilmiah hasil PTK yang tersitasi secara otomatis dengan mendeley dan zotero.

Kolaborasi Dosen dan Guru Fisika


Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan kolaborasi antara dosen dan guru fisika alumni Prodi Pendidikan Fisika FKIP Uhamka sebagai tim PKM. Tim PKM Uhamka kali ini digawangi oleh ketua tim Wahyu Dian Laksanawati dan anggota Nyai Suminten, M.Pd, Feli Cianda, M.Si, Berliani Amanda D., dan M.Aditya.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada Januari-Februari 2022. Pelaksanaan workshop meliputi tahapan, yakni: 1) Sosialisasi Workshop 2) waktu kesediaan peserta, dan 3) Pelatihan, hingga 4) Publikasi Hasil artikel.

Baca Juga: Siswa dan Pendidik SMAM 4 Depok Terbitkan 2 Buku


Workshop kepenulisan karya ilmiah ini dapat membantu guru untuk mensitasi secara otomatis melalui aplikasi Mendeley dan Zotero untuk hasil karya ilmiahnya. Sehingga, karya ilmiahnya dapat terpublikasi dengan baik. Respons guru kepada tim PKM FKIP Uhamka sangat antusias. Mereka juga berterima kasih sekali karena telah diadakan workshop ini, terlebih jika artikel guru dapat dibantu untuk dipublikasikan.



Posting Komentar

0 Komentar