Mahasiswa PGSD Uhamka Praktik Mengajar di SD Muhammadiyah 3 Matraman


GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA – Kelompok 3 mahasiswa semester VIIprogram studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (PGSD FKIP Uhamka) telah melaksanakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 2 (PLP 2). Kelompok yang dibimbing oleh Drs. Aslam, M.Pd ini beranggotakan Dinar Prasetyo, Shofi Amalia Dwi Nastiti, Safira Azzahra, Serly Septiana, Iyan Riyani, Salsabila, Widya Novianti, dan Bramiasta Yunanda Etzioni.

Kegiatan PLP 2 dilaksanakan di SD Muhammadiyah 3 Matraman pada 10 November sampai 12 Desember 2022. Kegiatan PLP 2 adalah program lanjutan dari Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1) yang diselenggarakan oleh FKIP Uhamka. 



"Kegiatan tersebut dilakukan agar seluruh mahasiswa/i FKIP Uhamka dapat mengenal langsung lingkungan sekolah, suasana akademik, pelaksanaan administrasi, dan kondisi sosial sekolah. Kemudian menguasai berbagai keterampilan dasar mengajar. Dan menerapkan dan mengembangkan empat kompetensi, yaitu pedagogi, profesional, kepribadian dan sosial," ujar salah satu mahasiswa, Shofi, kepada Ghirah Belajar.


SD Muhammadiyah 3 merupakan sekolah dasar yang memiliki motto “MUTIARA” yaitu Menyenangkan, Unggul, Tangguh, Inovatif, Amanah, dan Ramah Anak. Selain itu adanya pembiasaan yang dilakukan SD Muhammadiyah 3 seperti saat sebelum melakukan proses pembelajaran yaitu dengan membaca ikrar, Do’a, dan membaca Al-Quran. SD Muhamadiyah 3 merupakan sekolah yang bersih, aman, dan nyaman.

Pada pelaksanaan PLP 2 yang dilakukan mahasiswa Uhamka, selain menggali informasi juga melakukan kegiatan mulai dari kegiatan mengajar, membuat project mading yaitu mengaktifkan kembali majalah dinding sekolah dengan cara mengadakan lomba di mana siswa diharapkan dapat berkreasi dengan membuat sebuah karya, serta melakukan kegiatan positif lainnya sehingga mahasiswa PLP 2 memiliki wawasan, pengetahuan, dan pengalaman untuk bekal menjadi seorang pendidik yang profesional. Dengan demikian, adanya kegiatan PLP 2 ini, mahasiswa dapat berpartisipasi langsung dalam mengenal lingkungan sekolah dengan berbagai karakteristik dan hal lainnya.


Promo Desember

Dapatkan diskon khusus hari ini (13/12/2022) untuk pembelian buku cetak maupun digital terbitan GB Publisher:

Kekuatan Kata dan Puisi-Puisi Terpilih

Kaum Muda Kekuatan Bangsa

Jernih Melihat Fenomena LGBT

Segera, stok terbatas!

Posting Komentar

0 Komentar