Gelar Pekan Taaruf, FKIP Uhamka Sambut Mahasiswa Baru

 

GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA – Pekan Taaruf (Peta) Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (FKIP Uhamka) telah digelar pada Rabu-Kamis (21-22/9). Pekan Taaruf Mahasiswa merupakan rangkaian acara untuk memperkenalkan lingkungan universitas dan fakultas kepada mahasiswa baru.

Hal ini dijelaskan Ketua Panitia Pekan Taaruf Mahasiswa FKIP Uhamka 2022, Putri Assyiva. Ia menjelaskan, pekan taaruf sangat perlu diadakan karena ini menjadi langkah awal bagi mahasiswa baru untuk lebih jauh mengenal universitas terkhusus fakultas serta prodi.

Baca Juga: Mengamalkan Pancasila, Merawat Kemanusiaan  


“Pekan Taaruf atau kami sering menyebutnya PETA yaitu singkatan dari Pekan Taaruf itu sendiri dilaksanakan di bulan September dari hari Selasa 20 september sampai hari kamis 23 September 2022. Peta FKIP Uhamka dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis, tanggal 21 dan 22 September 2022 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA,” ungkapnya.

Acara yang dilaksanakan secara tatap muka di Aula Ahmad Dahlan Uhamka ini melibatkan panitia dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan seluruh lembaga eksekutif di FKIP UHAMKA. Kegiatan ini, kata dia, diikuti oleh 637 mahasiswa baru dari 12 program studi di FKIP Uhamka.

Dia menjelaskan, mahasiswa baru yang mengikuti Pekan Ta'aruf ini mendapatkan materi penunjang akademik dan juga nonakademik. Materi pertama, tentang kebijakan akademik, keuangan, sarana dan prasarana, serta implementasi kampus Islami yang disampaikan oleh wakil dekan FKIP Uhamka. “Materi kedua, semangat menyambut Hamka muda di Era 4.0 yang disampaikan oleh pemateri hebat yaitu, Rully Onzo. Materi ketiga, keprodian disampaikan oleh masing-masing ketua program studi dari 12 program studi yang ada di FKIP Uhamka. Materi keempat, melihat dan menyikapi perkembangan zaman dari sudut pandang IMM yang disampaikan oleh pemateri hebat, yaitu Ahmad Ruslan,” ujar Assyiva.

Baca Juga: Semangat Hamka Muda


Selain itu, para mahasiswa baru juga menyaksikan hiburan dari beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Uhamka. Di antaranya, Tapak Suci, Uhamka Choir, juga penampilan dari grup band Metronome.

“Harapannya, dengan adanya kegiatan Pekan Ta'aruf ini mahasiswa baru FKIP Uhamka dapat mengembangkan minat serta bakatnya sehingga dapat bersaing demi Indonesia berkemajuan dan dapat membanggakan Uhamka, khususnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sesuai dengan tema Pekan Ta'aruf FKIP Uhamka yaitu Hamka muda, semangat berprestasi untuk Indonesia berkemajuan,” ungkap Putri Assyiva.

Ia juga menegaskan, “dengan kegiatan Pekan Taaruf, kegiatan yang mulia ini kita mengharapkan Ridho Allah, dengan itu Allah memberi kecerdasan kepada kalian tanpa alasan. Kita diberikan kekuatan, diberikan kemauan kesungguhan, mari kita memohon kepada Allah, dengan mengucapkan bismillah dan semoga apa yang diharapkan oleh seluruh mahasiswa dan sivitas akademik FKIP Uhamka bisa tercapai.”

Baca Juga: Potret Mahasiswa Hari Ini, Realistis atau Pragmatis?


Acara Pekan Ta'aruf FKIP Uhamka 2022 ini dihadiri pula oleh Dekan FKIP Uhamka Dr Desvian Bandarsyah Mpd, motivator nasional Rully Onzo, Ketua BEM FKIP Uhamka Sabiq Ahsan Arfani, Ketua Umum DPM FKIP Uhamka Achmad Suhendra, dan Ketua Umum IMM FKIP Uhamka Wardah Samiah.

Posting Komentar

0 Komentar